Diam-Diam Surya Paloh Undang Petinggi Koalisi Perubahan Bertemu di Pulau Miliknya, Bahas Apa?

| 31 May 2023 14:38
Diam-Diam Surya Paloh Undang Petinggi Koalisi Perubahan Bertemu di Pulau Miliknya, Bahas Apa?
Ketua Umum NasDem Surya Paloh gundang para petinggi Koalisi Perubahan. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengundang para petinggi Partai Demokrat dan PKS yang tergabung dalam Koalisi Perubahan di salah satu pulau miliknya di Kepulauan Seribu pada Jumat (26/5).

Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf membenarkan adanya pertemuan itu.

"Oh iya, ini pertemuan pekan lalu. Di lokasi Kepualan Seribu lokasi milik Pak Surya Paloh," kata Muzammil kepada wartawan, Rabu (31/5/2023).

Menurutnya, pertemuan itu membicarakan sejumlah hal, utamanya terkait dengan kelangsungan Koalisi Perubahan.

Dia juga menyinggung, setelah pertemuan itu diharapkan Koalisi Perubahan segera mendeklarasikan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Membicarakan banyak hal terkait masa depan koalisi. Insyaallah kita solid untuk maju terus, mudah-mudahan segera terwujud pasangan calon dari tiga (partai politik) Koalisi Perubahan untuk Persatuan," kata Muzzamil.

Terpisah, Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari mengungkapkan, pertemuan itu dihadiri oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky.

Kemudian ada pula Presiden PKS Ahamad Syaikhu, Ketua Mejelis Syura PKS Salim Segaf Al-Jufri, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman, dan Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf.

Sementara Surya Paloh didampingi sejumlah elite Partai NasDem, diantaranya yaitu Plt Sekjen NasDem Hermawi Taslim, Ketua DPP Ahmad Sahroni, Ketua DPP Taufik Basari, hingga Ketua DPP Sugeng Suparwoto.

"Kita bertemu dengan suasana yang sangat akrab, dengan semangat kekeluargaan ini untuk menunjukkan bahwa memang koalisi ini masih sangat solid dan kita tentu siap untuk melanjutkan langkah-langkah berikutnya," kata Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengatakan, para ketua umum partai politik di Koalisi Perubahan akan bertemu untuk membicarakan hal tersebut. Pertemuan rencananya digelar dalam satu hingga dua hari ke depan.

"Malam ini, besok malam. Antara satu dua hari ini akan ada surprise cawapres," kata Sugeng di Sekretariat Perubahan, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Selasa (30/5).

Dia menambahkan, tak menutup kemungkinan dalam satu hari ini para pimpinan partai politik sudah mengerucutkan satu nama untuk dipasangkan dengan Anies.

"Pimpinan-pimpinan partai akan segera berkumpul dalam sehari, dua hari ini. Jangan-jangan besok sudah ada kesimpulan," kata Sugeng.

Sementara Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman mengatakan, dari lima nama kandidat cawapres untuk Anies, saat ini sudah mengerucut menjadi tiga.

"Kemarin saya sudah sebutin tiga kan. Sudah (tinggal) tiga (nama kandidat cawapres Anies)," kata Sohibul.

Lantaran Koalisi Perubahan sudah semakin mengerucutkan nama cawapres, setelah ini bakal ditentukan siapa yang bakal menjadi pendamping Anies di Pilpres 2024.

Meski begitu, Sohibul tak mau membocorkan kapan hal itu akan dipertimbangkan dan diputuskan bersama.

"Habis tiga ya berikutnya satu. Tunggu tanggal mainnya," katanya.

Tags :
Rekomendasi