Mengingat Kecelakaan Kereta Paling Parah di Dunia, Catatan Kelas dalam Sejarah

| 05 Jun 2023 22:05
Mengingat Kecelakaan Kereta Paling Parah di Dunia, Catatan Kelas dalam Sejarah
Ilustrasi kecelakaan kereta (Freepik)

ERA.id - Kecelakaan kereta api di Odisha, India, merenggut 200 nyawa dan sebanyak 9000 orang mengalami luka-luka. Kecelakaan kereta yang terjadi pada awal April 2023 tersebut menambah daftar catatan kelam bagi dunia transportasi. Jauh sebelum insiden maut tersebut, pernah terjadi sejumlah peristiwa kecelakaan kereta paling parah di dunia. 

Kecelakaan kereta yang terjadi di Odisha tersebut berawal dari satu kereta penumpang yang tergelincir, kemudian ditabrak oleh kereta api lain yang melintas di jalur yang berdekatan. Tabrakan kereta Coromandel Express dan Howrah Superfast Express menjadi kecelakaan paling mematikan di India sepanjang abad ini. 

Insiden kereta api maut di India bukan pertama kalinya kecelakaan yang menewaskan banyak korban jiwa. Sejarah mencatat pernah ada beberapa peristiwa kecelakaan kereta paling parah di dunia.

Kecelakaan Kereta Paling Parah di Dunia

Mari menengok kembali ke belakang untuk menelusuri daftar kecelakaan kereta paling parah yang pernah terjadi.

ilustrasi kereta api (Freepik)

Kecelakaan Kereta di Meksiko

Kecelakaan kereta mengerikan pernah terjadi di Meksiko pada Januari 1915. Sebuah kereta api Guadalajara dengan 20 gerbong tergelincir dari rel dan jatuh ke lembah yang dalam. Insiden tragis tersebut menewaskan 600 orang. Sebanyak 300 penumpang beruntung bisa lolos dari perjalanan maut dari Colima ke Guadalajara. 

Kecelakaan Kereta di Prancis

Kecelakaan kereta api di Prancis pada tahun 1917 disebut sebagai salah satu kecelakaan paling kelam dalam sejarah transportasi kereta. Peristiwa naas tersebut terjadi di lereng curam antara Modane dan stasiun Saint-Michel-de-Maurienne. 

Kereta tersebut ditumpangi oleh sekitar 1.000 tentara Prancis dalam perjalanan pulang ingin merayakan natal. Saat di perjalanan menurun, tiba-tiba rel kereta tidak berfungsi dan menyebabkan gerbong saling beradu hingga terbakar. Lebih dari 700 nyawa melayang dalam insiden tersebut. 

Kecelakaan Kereta di Rumania

Masih di tahun yang sama pada saat Perang Dunia I, kecelakaan kereta maut pernah terjadi di Ciurea Rumania. Penyebab kecelakaan kereta api ini hampir sama dengan insiden di Prancis, yakni karena rem mengalami kerusakan. Kereta dengan 26 gerbong tersebut tergelincir saat melintasi rel yang menurun dari tebing curam. Sebanyak 800-1000 nyawa tidak bisa diselamatkan dalam peristiwa mengerikan tersebut. 

Kecelakaan Kereta di India 

India juga pernah mencatat peristiwa kecelakaan kereta api paling parah saat insiden maut yang terjadi tahun 1981. Sebuah kereta terhantam topan hingga jatuh ke Sungai Bagmati di Bihar. Musibah tragis tersebut menyebabkan lebih dari 800 orang meninggal dunia. Ratusan penumpang terseret oleh derasnya arus sungai. 

Kecelakaan Kereta di Sri Lanka

Pada tahun 2004, Sri Lanka menjadi tempat kecelakaan kereta api paling mematikan dalam sejarah dunia. Kereta berjuluk Queen of the Sea harus merasakan perjalanan terakhir setelah dihantam oleh Tsunami Samudra Hindia pada tahun 2004. Sebanyak 1.700 nyawa harus melayang dalam insiden mengenaskan tersebut. 

Demikianlah daftar kecelakaan kereta paling parah di dunia yang pernah terjadi. Semoga peristiwa serupa tidak berulang lagi di negara manapun supaya tidak menimbulkan duka yang mendalam. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi