Wikipedia Kunci Informasi Capres-Cawapres 2019

| 26 Sep 2018 19:29
Wikipedia Kunci Informasi Capres-Cawapres 2019
Ilustrasi wikipedia (Pixabay)
Jakarta, era.id - Situs informasi Wikipedia mengunci data artikel terhadap profil capres dan cawapres yang akan maju dalam Pemilihan Presiden 2019. Lambang gembok pun muncul pada profil artikel pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Melalui akun Twitternya @idwiki, Wikipedia menjelaskan, lambang gembok pada profil artikel capres-cawapres itu dimaksudkan untuk melindungi informasi yang telah tertulis. Mode tersebut sering dipakai untuk melindungi halaman yang sering di-edit atau disunting sembarangan oleh pengguna anonim.

 

"Wikipedia bahasa Indonesia sudah memberlakukan pelindungan terhadap artikel masing-masing capres dan cawapres. Hal ini dilakukan agar meminimalisasi maupun mencegah pengerusakan artikel-artikel tersebut," tulis Wikipedia seperti dikutip era.id, Rabu (26/9/2018).

Dalam mode itu, sebuah artikel hanya bisa disunting oleh pengguna yang telah terverifikasi. Sehingga proses editing atau penyuntingan pada artikel tersebut akan dipantau langsung oleh Wikipedia.

Perlindungan terhadap profil artikel capres-cawapres ini telah dilakukan Wikipedia jelang masa kampanye politik dan dimulai pada 23 September. Wikipedia bahasa Indonesia memastikan akan tetap bersikap netral dan tidak memihak salah satu pasangan atau pihak tertentu.

 

"Sebagai situs web yang terbuka untuk semua kalangan, maka Wikipedia berkomitmen untuk tetap netral dalam hal apapun," kicau Wikipedia.

Ya sebagaimana kalian tahu, dalam pemilu 2019 mendatang. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mendapat nomor urut 01 dan pasangan Prabowo-Sandiaga mendapat nomor urut 02. Jokowi-Amin didukung oleh Koalisi Indonesia Kerja, sedangkan Prabowo-Sandiaga diusung oleh Koalisi Indonesia Adil Makmur.

 

Rekomendasi