Intip Beberapa Skill yang Wajib Dikuasai Buruh Bangunan, Salah Satunya Keterampilan Berhitung

| 26 Jun 2023 09:15
Intip Beberapa Skill yang Wajib Dikuasai Buruh Bangunan, Salah Satunya Keterampilan Berhitung
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Pekerjaan buruh sebagian besar ditemukan di industri bangunan dan konstruksi. Dikutip dari gajiupah.com, buruh melakukan tugas-tugas seperti menggali parit, membongkar bahan bangunan dan menyiapkan lokasi kerja. Mereka menggunakan berbagai perkakas tangan dan listrik dalam tugasnya, dan juga diharapkan untuk mengoperasikan dan membersihkan alat berat.

Saat membantu pedagang yang memenuhi syarat seperti tukang batu, tukang ledeng, dan penata taman, para buruh sering mengembangkan keahlian di bidang ini. Pekerja berpengalaman dipanggil untuk melakukan pekerjaan buruh rutin dan tugas-tugas terampil sesuai kebutuhan.

Sebagian besar pekerjaan buruh di luar ruangan dan melibatkan waktu mulai dan selesai lebih awal. Buruh mungkin diminta untuk bekerja dengan bahan berbahaya seperti timbal, asbes dan bahan kimia. Sertifikasi biasanya diperlukan untuk pekerjaan ini.

Sebagian besar pekerja proyek bekerja di luar ruangan. Mereka mungkin melakukan perjalanan ke berbagai situs untuk melakukan tugas. Beberapa pekerja mungkin juga meluangkan waktu untuk mengisi dokumen atau memperbarui catatan di kantor.

Ilustasi (Pixabay)

Buruh proyek membutuhkan berbagai keterampilan untuk membantu mereka melakukan peran mereka dengan sukses. Dihimpun dari nguliday.com, beberapa keterampilan tersebut antara lain:

Kekuatan Fisik

Buruh sering melakukan beberapa tugas di lokasi proyek yang membutuhkan tenaga dan kekuatan fisik. Tugas-tugas ini mungkin melibatkan pengoperasian alat dan mesin, membengkokkan, menggali, dan memanjat.

Ketangkasan

Buruh membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik untuk bergerak cepat dan menyusun benda. Mereka sering mendapat manfaat dari koordinasi multi-anggota tubuh, yaitu kemampuan untuk menggunakan kedua tangan dan kaki saat melakukan tugas.

Keterampilan Berhitung

Keterampilan matematika seringkali diperlukan untuk menentukan berbagai aspek proyek. Misalnya, seorang pekerja dapat menentukan area zona pembangunan untuk memasang tanda bahaya di sekitarnya agar orang dan kendaraan tidak masuk.

Pengetahuan Bangunan

Pekerjaan utama pekerja pembangunan sering mempersiapkan dan membantu membangun berbagai struktur termasuk jembatan, jalan raya, dan kapal. Mereka membutuhkan pengetahuan yang kuat tentang teknik dan bahan bangunan serta pengalaman menggunakan mesin dan peralatan yang terlibat dalam proyek pembangunan.

Pengetahuan Teknik

Sebagian besar pekerjaan pekerja bergantung pada teknik yang terkait dengan proyek pembangunan. Contoh keterampilan teknik yang bermanfaat bagi para profesional ini termasuk pekerjaan besi, pipa ledeng, pasangan bata, survei, dan pembongkaran.

Komunikasi

Buruh membutuhkan keterampilan komunikasi lisan dan tertulis yang kuat untuk berkomunikasi secara efektif dengan manajer proyek dan pekerja lainnya. Mereka mungkin ingin mengajukan pertanyaan, menentukan arah dan membuat keputusan berdasarkan pekerjaan yang dilakukan.

Teknologi

Banyak pekerja bekerja dengan teknologi pembangunan untuk menyelesaikan tugasnya. Beberapa dari teknologi ini mungkin termasuk drone, aplikasi seluler, augmented reality, dan perangkat lunak manajemen pembangunan.

Memecahkan Masalah

Tantangan sering muncul di lokasi pembangunan. Buruh mungkin ingin menyelesaikannya dengan menggunakan keterampilan pemecahan masalah seperti pengambilan keputusan, keterampilan analitis, mendengarkan secara aktif, dan membangun tim.

Kerja Tim

Buruh sering bekerja sebagai bagian dari tim dengan pekerja pembangunan lainnya. Keterampilan kerja tim yang baik membantu memastikan mereka berhasil berkolaborasi dengan rekan kerja dan menghindari ketidakpastian dan ketidaksepakatan.

Kepemimpinan

Beberapa pekerja konstruksi mengawasi sekelompok pekerja pembangunan. Misalnya, mereka dapat mengelola lokasi kerja, mengarahkan tim, dan melakukan kontrol kualitas pada proyek yang telah selesai.

Rekomendasi