Hard Skill dan Soft Skill yang Harus Dimiliki Guru, Ini Daftarnya

| 25 Nov 2023 18:00
Hard Skill dan Soft Skill yang Harus Dimiliki Guru, Ini Daftarnya
Ilustrasi guru (Foto: Antara/Destyan Sujarwoko)

ERA.id - Seorang guru tentunya mempunyai peran penting dalam mencetak generasi muda penerus bangsa yang berbakat dan berkualitas dari segi apa pun. Untuk mendukung hal tersebut, seorang guru tentunya harus menguasai keterampilan atau kemampuan yang disebut dengan hard skill dan soft skill. Lantas apa saja hard skill dan soft skill yang harus dimiliki guru? Simak di bawah ini.

Pengertian Hard Skill dan Keterampilan yang Harus Dikuasai

Menurut Robbins yang dialih bahasakan oleh Benyamin Molan (2014:28) mengatakan, Hard Skill disebut sebagai kemampuan intelektual atau intellectual ability, yang menjadi sebuah kemampuan yang diperlukan untuk menentukan berbagai aktivitas mental untuk berpikir, menalar, dan juga menyelesaikan sebuah masalah. Dalam pengertian lain, sebagai seorang guru, seorang guru harus mempunyai hard skill berupa:

Penguasaan materi pelajaran

Guru harus menguasai pengetahuan yang mendalam tentang mata pelajaran yang akan diajarkan. Guru juga harus memahami konsep dasar yang berhubungan dengan materi, sehingga mampu menjelaskan materi dengan jelas dan memberikan contoh yang relevan agar siswa merasa dekat dengan materi yang diajarkan.

Penguasaan metode pembelajaran

Seorang guru juga harus memahami metode pengajaran yang efektif dan tepat untuk setiap mata pelajaran dan mengubah metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Setiap guru harus tahu bagaimana menggunakan metode pengajaran yang interaktif dan mampu memotivasi siswa untuk belajar.

Ilustrasi (max Fischer/Pexels)

Pengertian Soft Skill dan Keterampilan yang Harus Dikuasai

Pendidikan tentunya tidak semata-mata tentang memberi materi atau pengetahuan akademis, melainkan juga tentang menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan dan mendukung untuk siswa, sebab dalam lingkungan belajar yang positif, siswa cenderung merasa lebih termotivasi untuk belajar. Oleh sebab itu, untuk meraih tujuan ini, guru harus mempunyai keterampilan sosial dan emosional atau yang disebut sebagai soft skill. Menurut Lorenz (2009), soft skill adalah sebuah keterampilan yang dikuasai seseorang dalam menjalin hubungan bersama orang lain dan juga dengan dirinya sendiri. Lantas, apa saja soft skill yang harus dikuasai seorang guru?

Kesabaran

Seorang guru harus memahami bahwa di suatu kelas berkumpul banyak keberagaman latar belakang budaya, gaya belajar, kepribadian, dan kemampuan intelektual. Bagi Anda yang menjadi seorang guru, akan berada di situasi ketika beberapa siswa mungkin menghadirkan tantangan lain, misalnya sulit memahami pelajaran, terlambat mengerjakan tugas, perilaku yang menganggu dan sebagainya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu manajemen emosi yang baik dan mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi dalam menghadapi siswa.

Kepemimpinan

Dengan menguasai keterampilan kepemimpinan, Anda dapat menciptakan lingkungan kelas yang kondusif dalam rangka mencapai tujuan akademik dan meningkatkan kolaborasi dalam kelas, sehingga dapat memotivasi siswa untuk bekerja sama dan mengembangkan keterampilan sosial yang harus mereka kuasai.

Komunikasi

Komunikasi merupakan kemampuan dasar yang harus Anda kuasai. Keterampilan komunikasi yang baik dapat meningkatkan efektivitas pengajaran, sebab ketika Anda dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik, maka siswa pun dapat menerima informasi tersebut lebih maksimal. Selain itu, komunikasi juga bisa membangun hubungan yang baik dengan siswa ataupun orang tua siswa.

Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah

Salah satu tanggung jawab seorang guru yaitu mengelola adanya perbedaan pendapat yang terjadi di antara siswa. Jika suatu permasalahan muncul, Anda harus dapat mendengarkan secara aktif dan juga mempertimbangkan setiap sudut pandang. Dengan menguasai keterampilan ini, Anda juga perlu mengasah cara berpikir kritis agar bisa mencari jalan keluar yang terbaik.

Demikianlah ulasan tentang hard skill dan soft skill yang harus dimiliki guru. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi