Penanganan Gempa Palu Sudah Selevel Bencana Nasional

| 02 Oct 2018 13:19
Penanganan Gempa Palu Sudah Selevel Bencana Nasional
Presiden Jokowi meninjau lokasi terdampak bencana alam di Sulawesi Tengah. (Foto: Twitter @Sutopo_PN)
Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait status bencana nasional yang belum disematkan pada bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9). Menurutnya, hal yang terpenting saat ini adalah meyelesaikan masalah-masalah yang ada.

"Saya kira yang paling penting adalah penanganan yang cepat, bukan hanya masalah prosedur, administrasi, ini masalah apa, ini masalah apa?" kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di Asian Para Games 2018, di Istana Merdeka, Jakarta, seperti dilansir laman setkab.go.id, Selasa (2/10/2018).

Pernyataan itu disampaikan Jokowi menanggapi pertanyaan awak media mengenai kemungkinan penetapan status bencana di Sulteng itu sebagai bencana nasional.

Jokowi mencontohkan, tadi malam alat-alat berat sudah masuk, dan hari ini sudah mulai bekerja. Bahan Bakar Minyak (BBM) juga sudah masuk, sambung Jokowi, tapi problemnya adalah alat di SPBU-nya rusak sehingga proses mendistribusikan BBM ke masyarakat masih sedikit masalah.

 

Baca Juga : Menyoal Lemahnya Sistem Peringatan Tsunami Indonesia

"Tapi moga-moga hari ini bisa terselesaikan karena ada SPBU portable yang diarahkan ke Palu dan sekitarnya," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, dirinya sudah menyampaikan permasalahan kekurangan BBM kepada menteri terkait. "Urusan BBM penting sekali, urusan listrik juga segera diselesaikan," imbuh dia.

Kemudian di sektor infrastruktur yang memberikan dukungan kepada kecepatan penanganan, baik logistik, jalan yang longsor dan airport akan segera dinormalkan kembali.

Baca Juga : KPU: Masa Kampanye di Wilayah Gempa Tak Berhenti

"Tadi malam juga saya sampaikan kepada Kapolri dan Panglima TNI agar penjagaan di SPBU dan pusat ekonomi itu diberikan, sehingga nanti semua toko bisa buka dan ekonomi kembali normal. Sehingga kita bisa masuk ke tahapan berikutnya yaitu rehabilitasi dan rekonstruksi," sambung Jokowi.

Adapun soal logistik, menurut Jokowi, kemarin sudah dikerahkan pesawat Hercules dari Jakarta, Makassar dan Balikpapan. "Logistik kemarin sudah mulai masuk, hari ini lebih banyak lagi," ujarnya.

 

Baca Juga : Video Evakuasi Korban Tsunami dan Gempa Sulteng

Meski demikian, diakui Presiden, saat ini terkendala di masalah listrik, karena banyak gardu yang rusak. Sementara untuk memperbaiki gardu itu tidak mudah. Untuk itu, dia menginstruksikan pihak terkait untuk mendistribusikan genset agar bisa digunakan secepatnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengimbau warga Sulteng agar tetap tenang, dan bisa menjalankan kehidupan ekonominya di Palu sehingga bisa normal kembali. "Harapan kita kepada seluruh warga seperti itu," pungkas Jokowi.

Tags : prayforpalu
Rekomendasi