Bersama Turki, Kita Bantu Saudara di Palu-Donggala

| 30 Sep 2018 16:20
Bersama Turki, Kita Bantu Saudara di Palu-Donggala
Gempa di Palu (Sumber: Istimewa)
Jakarta, era.id - Duka yang timbul akibat gempa 7,7 SR-tsunami yang menghantam Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah turut dirasakan banyak masyarakat dunia, termasuk masyarat Turki. Jumat (28/9), Humanitarian Relief Foundation (IHH) memberangkatkan tim bantuan dari Instanbul.

Melalui akun Twitter @IHHen yang diakses di Jakarta pada Minggu (30/9/2018), IHH mengumumkan keberangkatan tim bantuan darurat yang terdiri dari empat orang.

Dalam akun Twitter itu juga, IHH mengumumkan penggalangan dana untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana di Sulawesi Tengah.

 

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Turki telah menyampaikan duka cita mendalam atas gempa bumi dan tsunami di Pulau, Sulawesi, yang mengakibatkan korban meninggal dunia, korban cedera, dan kerusakan parah di wilayah tersebut.

"Kami menyampaikan belasungkawa sepenuh hati kepada sanak keluarga korban yang meninggal dunia, serta segenap rakyat Indonesia, juga mendoakan korban terluka agar lekas sembuh," demikian pernyataan resmi yang diunggah di website Kementerian Luar Negeri Turki pada Sabtu (29/9).

Turki bersolidaritas penuh dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia, dan siap memberikan bantuan apa pun yang mungkin diperlukan. Menurut data sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa 7,4 SR dan tsunami setinggi 0,5 hingga enam meter di pesisir barat Sulawesi Tengah memakan 832 korban jiwa.

Sementara itu, ratusan orang dilarikan ke fasilitas-fasilitas kesehatan akibat luka-luka, di samping 16.732 orang lain yang mengungsi di 24 titik di daerah tersebut. Menurut BNPB, data tersebut diperkirakan masih akan bertambah seiring proses pencarian dan evakuasi korban yang dilakukan otoritas.

Selain itu, data tersebut sejatinya adalah catatan yang didapat BNPB dari Kota Palu. Terkait catatan dari wilayah lain yang turut terdampak --Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Muotong, BNPB mengaku belum dapat memastikannya.

Nah, makanya. Mari berdoa dan ulurkan tanganmu, beri bantuan apapun yang bisa kamu lakukan. Atau jika ingin bergabung dalam gerakan yang dibentuk IHH, kamu bisa mengirimkan donasimu lewat link ini: PrayForPalu.

Rekomendasi