DPR Usul Bentuk Timwas Penanganan Bencana Alam

| 02 Oct 2018 13:31
DPR Usul Bentuk Timwas Penanganan Bencana Alam
Presiden Jokowi meninjau gempa di Palu. (Foto: Twitter @jokowi)
Jakarta, era.id - Pimpinan DPR RI mengusulkan membentuk tim pengawas (Timwas) untuk pemulihan dan rehabilitasi bagi daerah-daerah yang terdampak bencana alam di Indonesia. 

Beberapa bulan ini, sejumlah daerah Indonesia dilanda gempa bumi dan tsunami, seperti di Lombok, Nusa Tanggera Barat (NTB) dan yang terbaru gempa bumi dan tsunami Kota Palu dan Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah. 

"Kami mengusulkan adanya tim pengawas DPR untuk mempercepat pemulihan dan rehabilitasi bagi daerah-daearah yang terkena musibah beberpa bulan belakangan ini, khususnya di provinsi NTB dan Sulteng," ujar Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, dalam sidang paripurna, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Nantinya, kata Fahri, usulan pembentukan tim pengawas ini akan dibahas dalam rapat pimpinan (Rapim) DPR RI yang akan digelar setelah rapat paripurna hari ini.

Anggota DPR asal NTB ini menjelaskan, usulan terkait pembentukan timwas ini bermaksud untuk mempercepat pelaksanaan penanganan bencana yang terjadi, khususnya yang menimpa Lombok di NTB dan Palu-Donggala di Sulawesi Tengah.

"Tentunya kita juga bagian dari upaya membantu pemerintah di dalam mempercepat pelaksanaan penanganan bencana yang sedang kita alami," kata dia.

Dalam rapat ini, Fahri juga mengajak seluruh anggota DPR yang hadir dalam rapat untuk sama-sama mendoakan korban yang terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Rekomendasi