Anggaran Risiko Bencana Berkurang Tiap Tahun

| 03 Oct 2018 17:38
Anggaran Risiko Bencana Berkurang Tiap Tahun
Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, ada penurunan anggaran pengupayaan mengurangi risiko dan dampak bencana, dari tahun ke tahun. Kata dia, anggaran ini pernah mencapai angka Rp2 triliun namun sekarang hanya tinggal Rp700 miliar.

"Dalam praktiknya, setiap tahun justru mengalami penurunan. Dulu pernah kita punya anggaran hampir Rp2 triliun. Saat ini, kita hanya punya 700 miliar," ungkap Sutopo di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (3/10/2018). 

Kata Sutopo, anggaran tersebut pada mulanya diusulkan oleh BNPB, tetapi realisasinya harus berdasar persetujuan DPR dan pemerintah.

"Dengan anggaran yang semakin kecil, ya kemampuan kita utk memitigasi baik struktural yang terkait dengan alat-alat maupun menyiapkan masyarakat yang siap menghadapi bencana tadi smkn berkurang," ujar Sutopo.

"Padahal, ini tergantung dari niat pemerintah dalam hal ini dan dukungan politik dari legislarif," lanjutnya.

Selain penurunan anggaran, Sutopo mengatakan, pada perjalanannya anggaran tersebut bahkan kerap kali mengalami pemotongan. Padahal, dalam persiapan maupun penanganan, dibutuhkan anggaran yang mencukupi. 

"Bahwa penanggulangan bencana harus menjadi prioritas. Kalau tidak ditempatkan sebagai priotitas, ya bencana itu keniscayaan, bencana itu pasti terjadi, yang akhirnya menimbulkan korban jiwa. Kita harus siap menyiapkan, menghadapi bencana yang nanti akan datang," kata dia.

Baca Juga : Komisi VIII Dorong Penambahan Anggaran Mitigasi BNPB

Rekomendasi