Ibu Kota Negara Pindah dari Jakarta ke IKN Nusantara Akan Dimulai Saat Perayaan HUT RI 2024

| 31 Jul 2023 07:27
Ibu Kota Negara Pindah dari Jakarta ke IKN Nusantara Akan Dimulai Saat Perayaan HUT RI 2024
IKN. (Antara)

ERA.id - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

"Kami berharap dan bekerja keras bahwa target pada tahun depan yakni Upacara Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 akan berlangsung di IKN Nusantara yang dipimpin Presiden RI akan terwujud. Disitulah sebuah titik mengawali perpindahan secara bertahap ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara," ujar Deputi Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Minggu (30/7/2023). 

Agung mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan progres pembangunan IKN Nusantara mencapai 36 persen dan berjalan sesuai rencana.

Selain itu, pembangunan Istana Presiden di IKN yang mencapai 23 persen, maka pembangunan istana juga berjalan sesuai rencana.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan di depan kawasan Istana Presiden di IKN Nusantara terdapat plaza dan lapangan upacara.

Basuki berharap lapangan atau tempat upacara tersebut dapat dirampungkan pembangunannya pada akhir Desember tahun ini. Sedangkan, Istana Negara dan Kantor Presiden ditargetkan bisa diselesaikan pada Juli 2024.

Presiden RI berencana untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Periode 2022-2024 merupakan pemindahan tahap awal ke IKN Nusantara, melakukan pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR, dan perumahan, juga meliputi pemindahan ASN tahap awal.

Rekomendasi