Densus Sita Puluhan Senpi dan Ratusan Amunisi dari Tangan Teroris yang Diduga Karyawan BUMN

| 14 Aug 2023 17:54
Densus Sita Puluhan Senpi dan Ratusan Amunisi dari Tangan Teroris yang Diduga Karyawan BUMN
Tim Densus 88 Anti Teror mengamankan sejumlah barang bukti hasil penggerebekan terduga teroris di Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

ERA.id - Jubir Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar membenarkan puluhan senjata api (senpi) dan ratusan amunisi disita dari tangan terduga teroris, DE (28) yang ditangkap di kawasan Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar) pada Senin (14/8/2023) hari ini.

"Benar (puluhan senjata dan ratusan amunisi disita). Penyidik sedang mendata detail jenis dan jumlahnya," kata Aswin saat dihubungi, Senin (14/8/2023).

Terpisah, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan DE diduga pendukung ISIS. Sebelum ditangkap, tersangka ini aktif menyebarkan propaganda ISIS melalui media sosial.

"Pelaku memposting di Facebook berupa poster digital berisikan teks pembaruan Baiat dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia kepada pemimpin Islamic State yaitu Abu Al Husain Al Husaini Al-Qurayshi," ucap Ramadhan.

Jenderal bintang satu Polri ini juga menyebut De diduga memiliki senpi rakitan. Namun, dia tak merinci jumlah pasti senpi yang dimiliki pegawai BUMN ini.

Ramadhan hanya menyebut De juga terlibat dalam aksi penggalangan dana untuk kegiatan terorisme.

"Pelaku (juga) menjadi admin dan pembuatan beberapa channel aplikasi Telegram yang berisikan arsip film dokumenter dan breaking news yang merupakan channel update teror global yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia," ucap Ramadhan.

Rekomendasi