Mengapa Seragam Pramuka Berwarna Coklat dan Apa Maknanya?

| 15 Aug 2023 17:05
Mengapa Seragam Pramuka Berwarna Coklat dan Apa Maknanya?
Mengapa seragam pramuka berwarna coklat (Twitter Arbain Rambey)

ERA.id - Warna coklat pada seragam pramuka telah menjadi identitas yang kuat dan ikonik bagi organisasi pramuka di seluruh dunia. Namun pernahkan Anda bertanya-tanya mengapa seragam pramuka berwarna coklat?

Tidak hanya sekedar sebuah seragam, tetapi pilihan warna cokelat pada seragam pramuka memiliki sejarah dan makna mendalam yang mencerminkan nilai-nilai, semangat, dan tujuan gerakan pramuka.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi alasan di balik pemilihan warna coklat pada seragam pramuka, mencari makna simboliknya, serta menggali bagaimana seragam ini membantu membangun semangat kebersamaan dan persatuan.

Alasan mengapa seragam pramuka berwarna coklat

Dilansir dari berbagai sumber berikut ini hal-hal yang menjadi penyebab warna seragam pramuka di Indonesia:

  1. Warisan Pahlawan  Kemerdekaan

Pemilihan seragam pramuka yang berwarna coklat diartikan sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan kemerdekaan Indonesia. Warna ini menggambarkan pakaian yang dipakai oleh pejuang dalam melawan penjajah dan menjadi penanda semangat juang yang terus hidup dalam gerakan pramuka.

  1. Tunas Kelapa sebagai Lambang

    warna coklat yang merujuk pada warna tunas kelapa menggambarkan esensi adaptasi  (Twitter)

Pilihan warna cokelat pada seragam pramuka didasarkan pada konsep bahwa buah kelapa bisa tumbuh diberbagai jenis tanah. Dengan demikian, cokelat mengajarkan pramuka untuk memiliki kemampuan beradaptasi dalam berbagai situasi.

Selain itu, warna coklat yang merujuk pada warna tunas kelapa menggambarkan esensi adaptasi ini dan menjadi dasar warna pada seragam pramuka.

  1. Makna dari Warna Tanah dan Air

Meskipun belum secara resmi diakui, warna coklat pada seragam pramuka dapat diartikan sebagai simbolisasi tanah dan air di Indonesia. Warna cokelat muda merefleksikan unsur air, sementara cokelat tua mewakili unsur tanah, menggambarkan harmoni alam yang diwujudkan dalam seragam pramuka.

  1. Inisiatif Bapak Pramuka

Bapak Pramuka, Baden Powell, memilih warna cokelat berdasarkan pengalamannya dalam petualangan. Pemilihan ini bertujuan untuk mengurangi terlihatnya noda saat melakukan kegiatan di luar ruangan. Mengacu pada alasan tersebut, warna coklat pramuka menggambarkan aspek praktis dan fungsional dalam seragam pramuka.

  1. Tradisi dan Identitas

Warna coklat telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas pramuka sejak awal berdirinya. Dengan asosiasi terhadap pakaian para pejuang, warna ini memperkuat semangat juang dan rasa kebanggaan di kalangan anggota pramuka, menjadikan seragam sebagai simbol tradisi yang menghormati masa lalu dan meneruskan nilai-nilai mulia.

  1. Harmonisasi dengan Alam

Warna coklat mencerminkan keselarasan dengan alam. Hal ini sejalan dengan semangat pramuka yang berperan dalam menjaga lingkungan dan menjalin hubungan yang mendalam dengan alam.

  1. Kesederhanaan

Selanjutnya warna coklat mengandung nilai kesederhanaan. Pramuka diajarkan untuk hidup dengan sederhana dan menghargai nilai-nilai kecil dalam kehidupan. Sejalan dengan makna warna coklat, kesederhanaan ini juga diartikan sebagai simbol keterbatasan dari ketergantungan pada benda materi.

  1. Ketahanan dan Adaptasi

Seragam dengan warna coklat memiliki manfaat dalam hal daya tahan dan adaptasi. Selain mampu menyamarkan noda atau kotoran, warna ini juga dapat membantu membingungkan hewan buas.

Lebih lanjut, seragam cokelat mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi cuaca dan lingkungan di alam terbuka, menunjukkan kemampuan pramuka untuk menghadapi tantangan dengan penuh kesungguhan.

Selain mengapa seragam pramuka berwarna coklat, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi