Hottest Issue Malam, Senin 8 Oktober 2018

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Selamat malam, selamat beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas. Untuk kalian yang ketinggalan informasi sejak siang hingga menjelang malam ini enggak usah khawatir. Kami sajikan Hottest Issue yang merupakan rangkuman pemberitaan yang ramai sejak siang hingga saat ini. Apa saja ya isu terpanas malam ini. Yuk simak rangkumannya!

1. Jilbab Pejudo Miftahul Jannah

Pejudo Miftahul Jannah terdiskualifikasi dalam pertandingan Asian Para Games 2018 yang berlangsung di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Senin (8/10/2018). Diskualifikasi ini dilakukan karena dia tak mau melepas jilbab yang merupakan salah satu peraturan pertandingan.

Penanggung jawab pertandingan judo Asian Para Games 2018, Ahmad Bahar menjelaskan keberadaan jilbab atlet berpotensi dimanfaatkan lawan untuk mencekik leher dan berakibat fatal bagi sang atlet yang menggunakan jilbab.

"Kami menerima aturan bukan tidak boleh atlet pakai jilbab, bukan seperti itu. Tidak diperbolehkan menggunakan jilbab karena ada akibat yang membahayakan," kata Bahar.

2. Connor vs Khabib

Khabib Nurmagomedov berhasil menumbangkan Connor McGregror dalam perebutan gelar juara di Ultimate Fighting Championship (UFC) di T-Mobile, Las Vegas, Sabtu (6/10). Sayang, pesta kemenangan ini rusak karena usai pertarungan, Khabib menyerang sahabat dan juga manajer McGregor, Dillon Danis secara membabi buta sebelum diamankan pihak keamanan. 

Insiden itu terjadi lantaran Dillon menghina ayah dan agamanya. Khabib merupakan muslim taat dan menjadi petarung Rusia dan muslim pertama yang menjadi pemegang juara UFC. Dia pun meminta maaf atas tindakan ini dan mengatakan ini bukanlah sisi baiknya.

"Saya mohon maaf terhadap komisi atlet Nevada, mohon maaf Las Vegas," kata Khabib, dalam konferensi pers Sabtu (6/10) waktu setempat. 

3. Tahanan Kota untuk Ratna?

Kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin mengajukan penahanan kota buat kliennya itu. Alasannya adalah karena Ratna merupakan seniwati dan aktivis yang punya banyak kegiatan. Selain itu, faktor kesehatan dan umur menjadi salah satu pertimbangan pengajuan permohonan ini.
 
"Kita enggak bisa pungkiri dia adalah tokoh, kemudian dia sudah berusia lanjut. Kemudian dia setiap hari harus mengkonsumsi obat. Jadi kalau harus berada di rutan baik secara fisik maupun mentalnya bisa terpengaruh," sambungnya.

Lewat permohonan ini, Insank menjamin kliennya tidak akan melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti dan tidak mengulangi perbuatannya.

4. Medali emas dari Rica Oktavia 

Rica Oktavia berhasil memberikan medali emas ketiga untuk Indonesia dari cabang olahraga para-atletik nomor Lompat Jauh T20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (8/10/2018). 

Rica berhasil mencapai lompatan 5,25m melampaui rekor personal sebelumnya. Rica mengalahkan wakil Malaysia dan Jepang. Supaya kamu tahu, T20 merupakan klasifikasi atletik nomor lapangan untuk atlet dengan keterbatasan intelektual (intelectual impairment/tunagrahita).

5. Pantai Pangandaran seperti Hawaii

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil berencana merevitalisasi kawasan pantai Pangandaran agar menjadi destinasi pantai berkelas dunia. Nantinya pantai Pangandaran akan disulap seperti pantai Waikiki di Hawaii atau Miami Beach di Amerika Serikat.

Proyek revitalisasi pantai itu rencananya akan memakan anggaran Rp40-Rp65 miliar dari APBD Propinsi Jawa Barat dan APBD Kabupaten Pangandaran yang akan dibelanjakan pada tahun 2019.  

"Jadi mau itu kalangan menengah atas, atau menengah bawah, itu semuanya bisa berinteraksi di sebuah penataan pantai Pangandaran. Saya juga pernah ke Hawaii beberapa kali, saya kira bisa lah asal kita ikuti pola yang kita akan desain dan masyarakatnya mau mengikuti" kata Ridwan dikutip Antara, Senin (8/10/2018).

Tag: hottest issue

Bagikan: