Rapat Pleno Sempat Alot, PKB Sambut Baik Tawaran Kerja Sama dengan Partai NasDem

| 01 Sep 2023 11:25
Rapat Pleno Sempat Alot, PKB Sambut Baik Tawaran Kerja Sama dengan Partai NasDem
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023). (Gie/ERA.id)

ERA.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik tawarin kerja sama politik dengan Partai NasDem. Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat gabungan Dewan Syara dan Dewan Tanfidz yang digelar di Kantor DPP PKB, Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

Dalam rapat pleno tersebut dipaparkan dinamika perkembangan politik PKB mulai muktamar, koalisi dengan Partai Gerindra, hingga tawaran kerja sama dengan Partai NasDem.

"Maka tadi pleno juga memberikan insight bahwa pleno menyatakan dan menyambut tawaran kerja sama dari NasDem," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

Meski begitu, dia belum bisa memastikan apakah keputusan tersebut akan berjuang deklarasi pasangan antara bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Hasil keputusan rapat pleno akan difinalisasi melalui rapat dengan para kiai di Surabaya sore hari ini.

"Tentu tawaran kerja sama nanti akan didetailkan, difinalisasi dengan rapat yang lebih luar, baik rapat di PKN maupun dengan pihak-pihak stakeholkde PKB, termasuk konsultasi dengan para kiai itu akan difinalisasikan nanti di Surabaya," kata Jazilul.

Lebih lanjut, dia mengaku dalam rapat bersama Dewan Syura dan Dewan Tanfidz berjalan cukup alot. Masing-masing memiliki argumen sendiri.

Terlebih dalam satu tahun belakangan ini banyak yang sudah dilakukan PKB bersama Partai Gerindra.

"Yang jelas tadi dinamikanya sangat alot, masing-masing juga memberikan argumentasi baik dari Dewan Syura maupun Dewan Tanfidz," kata Jazilul.

"Tapi hari ini semuanya menyambut baik tawaran kerja sama dari Partai NasDem," imbuhnya.

Terkait dengan kabar rencana deklarasi duet Anies Baswedan dengan Cak Imin di Surabaya pada Sabtu (2/9), dia kembali menekankan menunggu hasil finalisasi sore nanti.

"Tunggu nanti keputusan rapat nanti sore," pungkasnya.

Rekomendasi