Gerindra Sebut Ada Rencana Pertemuan Prabowo dan Cak Imin Tapi Belum Terealisasi

| 01 Sep 2023 21:53
Gerindra Sebut Ada Rencana Pertemuan Prabowo dan Cak Imin Tapi Belum Terealisasi
Prabowo dan Muhaimin Iskandar. (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berencana bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk tabbayyun terkait hengkangnya PKB dari Koalisi Indonesia Maju.

Rencana pertemuan itu dibenarkan oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Seharusnya pertemuan digelar malam ini.

"Memang semalam terjadi komunikasi bahwa Pak Muhaimin meminta waktu kepada Pak Prabowo," kata Dasco dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Permintaan itu disanggupi Prabowo. Mereka membuat janji sekitar pukul 18:30 WIB. Lantaran Menteri Pertahanan itu masih ada sejumlah agenda.

Namun, sekitar pukul 15:00 WIB, pihak Cak Imin membatalkan pertemuan dengan alasan satu dan lain hal.

"Pak Prabowo hanya bisa menerima, karena ada kegiatan-kegiatan pada hari ini jam 18:30 WIB. Namun kemudian dari pihak pak Muhaimin tadi sore sekitar pukul 15.00 meminta atau kemudian memberitahu bahwa tidak ada atau tidak jadi melakukan pertemuan begitu," kata Dasco.

Namun, Partai Gerindra tak mempermasalahkan seandainya kedua pimpinan partai politik itu tidak bertemu.

Partai Gerindra menghormati keputusan PKB yang menerima tawaran kerja sama dengan Partai NasDem.

"Tadi setengah jam yang lalu saya di kontak oleh utusan dari pak Muhaimin yang menyatakan bahwa mereka sudah menerima koalisi dari tawaran koalisi atau kerja sama politik dengan Partai NasDem," kata Dasco.

Menurutnya, apa yang terjadi ini merupakan bagian dinamika politik jelang Pemilu 2024. Partai Gerindra justu mengucapkan selamat kepada PKB dan mendoakan sukses memenangkan pesta demokrasi mendatang.

"Kami hormati apa yang sudah diambil langkah oleh teman-teman PKB, tanpa merasa beban apapun dan tadi kita sudah ucapkan selamat berjuang semoga sama-sama sukses di pemilu 2024," kata Dasco.

Sebagai informasi, DPP PKB resmi menerima ajakan kerja sama politik dengan Partai NasDem. Kerja sama itu nantinya akan menduetkan Anies Baswedan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskadar alias Cak Imin.

Adapun keputusan PKB menerima pinangan kerja sama politik dari Partai NasDem merupakan hasil rapat pleno yang digelar di Surabaya, Jawa Timur pada Jumat (1/9) sore.

Bergabungnya PKB dengan NasDem secara resmi membubarkan kerja sama politik dengan Partai Gerindra.

Rekomendasi