Profil Nana Sudjana Pj Gubernur Jateng yang Ditugasi Jokowi Gantikan Ganjar

| 04 Sep 2023 19:02
Profil Nana Sudjana Pj Gubernur Jateng yang Ditugasi Jokowi Gantikan Ganjar
Nana Sudjana (Foto: Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Nana Sudjana sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah. Nana Sudjana sendiri adalah seorang pensiunan polisi yang pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Dalam artikel ini akan dibahas profil Nana Sudjana PJ Gubernur Jateng.

Profil Nana Sudjana

Nana Sudjana lahir pada tanggal 26 Maret 1965 di Cirebon dan lulus dari Akpol pada tahun 1988. Untuk saat ini Nana Sudjana menjabat sebagai Inspektur utama Setjen DPR RI hingga akhirnya menerima mandat tugas sebagai Pj Gubenur Jateng menggantikan Ganjar Pranowo yang masa jabatannya habis pada tanggal 5 September 2023 mendatang. Karir jabatannya dimulai sebagai Pamapta Polresta Yogyakarta.

Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Antara)

Ketika Joko Widodo (Jokowi) masih menjabat Wali Kota Solo pada tahun 2010, kariernya terus naik dan sempat menjabat sebagai Kapoltabes Surakarta. Setahun berikutnya ia menerima tugas di Polda Jateng sebagai Dirintelkam Polda Jateng.

Tidak hanya menjajal tugas di Pulau Jawa dan Sumatera saja, selama Februari hingga Oktober pada 2021 Nana juga menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara. Nana selanjutnya dipindahkan menjadi Kapolda Sulawesi Selatan sejak Oktober 2021 hingga Maret 2023.   

Di Sulawesi Selatan menjadi tempat terakhirnya menjabat sebagai anggota aktif Kepolisian sebelum dinyatakan pensiun pada bulan Januari 2023. Pensiun bukanlah akhir dari perjalanan karir dalam hidupnya, sebab Nana kembali ditugaskan sebagai Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI pada tanggal 27 Maret 2023. Sebagai Inspektur Utama Sekjen DPR, Nana bertugas mengawasi internal kerja Setjen DPR, sekaligus menjadi mitra pemberi masukan agar kerja organisasi dapat efektif dan efisien.

Dirotasi Setelah Kasus Kerumunan

Nana Sudjana dirotasi dari jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya setelah ramai kasus kerumunan di acara Habib Rizieq Syihab pada tahun 2020 lalu saat angka kasus Pandemi COVID-19 masih tinggi. Ia dirotasi sebagai staf ahli Kapolri.

Sebagai informasi, Jokowi menugaskan Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah. Nana Sudjana akan menggantikan Ganjar yang pada 5 September mendatang habis masa jabatannya.

Berdasarkan informasi, nama Pj Gubernur sudah ditentukan Jokowi dalam rapat Tim Penilai Akhir (TPA). Ada sepuluh daftar nama Pj Gubernur yang sudah ditetapkan Jokowi, termasuk Nana Sudjana yang pernah menjabat sebagai Inspektur utama Setjen DPR RI sebelumnya.

Di bawah ini adalah 10 nama Pj Gubernur yang ditunjuk Jokowi:

  • Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin
  • Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin
  • Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana
  • Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya
  • Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi
  • Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi
  • Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin
  • Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake
  • Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi
  • Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun

Demikianlah ulasan tentang profil Nana Sudjana PJ Gubernur Jawa tengah yang baru saja ditunjuk Presiden Joko Widodo.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi