Jokowi Analogikan Ekonomi Dunia seperti Game of Thrones

| 12 Oct 2018 10:54
Jokowi Analogikan Ekonomi Dunia seperti <i>Game of Thrones</i>
Presiden Jokowi berpidato dalam acara Annual Meetings Plenary session IMF-WB 2018, di Bali. (Foto: Twitter @am2018bali)
Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan pada acara Annual Meetings Plenary IMF-WB 2018, di Nusa Dua Hall, Bali, Jumat (12/10/2018). Dia mengajak seluruh dunia bersatu bersama-sama untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Dilansir dari akun Twitter @am2018bali, Presiden Jokowi menganalogikan, keadaan dunia saat ini seperti film Game Of Thrones. Di mana perang dagang antar negara yang terjadi, ibarat merebut tahta pada film tersebut. Padahal saat ini, bukanlah waktu yang tepat untuk saling bersaing dan menjatuhkan satu sama lain.

Dia menambahkan, saat ini, ancaman global juga sudah mulai meningkat. Tak hanya perang dagang dan ketidakstabilan ekonomi, tetapi juga masalah perubahan iklim dan masalah lingkungan lainnya. Kata jokowi, ini penting bagi dunia untuk menyelesaikannya bersama dibanding saling menjatuhkan.

"Memasuki musim final serial Game of Thrones, Saya yakin cerita akhirnya akan mengandung pesan moral bahwa menang kalah akan membawa penderitaan bagi yang menang atau yang kalah. Kemenangan pada perang akan menghasilkan dunia yang porak poranda," Joko Widodo, Presiden RI

Dia pun berharap kepada seluruh pembuat kebijakan dari berbagai belahan dunia yang telah hadir dalam acara ini untuk mampu menghasilkan sebuah kebijakan dan komitmen bersama untuk mengatasi permasalahan yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi.

"Saya harap bapak ibu semua mampu menyerap tenaga dan aspirasi indahnya Bali dan Indonesia untuk menghasilkan kejernihan hati dan pikiran dalam memperbaiki kondisi ekonomi dunia bersama," kata Jokowi.

 

Rekomendasi