Mengapa Kaesang Pilih Gabung PSI, Ketimbang Ikut Jejak Jokowi-Gibran ke PDIP?

| 23 Sep 2023 17:26
Mengapa Kaesang Pilih Gabung PSI, Ketimbang Ikut Jejak Jokowi-Gibran ke PDIP?
Kaesang Pangarep menerima KTA PSI dari Ketua Umum PSI Giring Ganesha di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023). ANTARA/Aris Wasita

ERA.id - Kaesang Pangarep resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pilihannya berbeda dengan sang ayah Presiden Joko Widodo dan kakak sulungnya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang merupakan kader PDI Perjuangan.

Disinggung soal beda pilihan partai politik dengan anggota keluarganya, Kaesang berkelakar bahwa keluarganya saat ini hanyalah istrinya Erina Gudono.

"Keluarga saya ini (Erina Gudono)," kata Kaesang di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023).

Lebih lanjut, dia mengaku memilih PSI ketimbang gabung dengan PDIP, lantaran menilai partai politik besutan Giring Ganesha itu diisi banyak anak muda dengan kompetensi dan semangat tinggi.

"Karena saya lihat diisi anam muda yang punya kompetensi, punya semangat, daya juang bagus. Jadi kenapa enggak (gabung dengan PSI)," ucapnya.

Putra bungsu Presiden Jokowi itu juga mengaku memiliki kesamaan dan keinginan dengan PSI. Terlebih jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dia mengatakan, anak-anak muda jangan lagi hanya menjadi objek pasif dalam setiap ajang pesta demokrasi lima tahunan.

"Kami ingin anak-anak muda itu bisa lebih terlibat di sektor publik. Karena kan kita tahu apalagi di pemilu anak muda itu biasanya hanya dijadikan sebagai objek pasif. Kita mau mereka menjadi objek yang aktif," kata Kaesang.

"Karena mau bagaimanapun masa depan Indonesia itu ya untuk anak muda Indonesia," imbuhnya.

Hal itu lah yang dinilai Kaesang hanya dimiliki oleh PSI ketimbang partai politik lainnya.

"Dan saya lihat PSI partai yang bagus, diisi anak muda yang berintegritas, punya kompetensi dan yang penting mereka punya semangat untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik," ucapnya.

Rekomendasi