Pilih Gabung PSI Ketimbang PDIP seperti Jokowi dan Gibran, Kaesang: Harusnya Nggak Masalah..

| 23 Sep 2023 18:20
Pilih Gabung PSI Ketimbang PDIP seperti Jokowi dan Gibran, Kaesang: Harusnya Nggak Masalah..
Kaesang Pangarep menerima KTA PSI dari Ketua Umum PSI Giring Ganesha di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023). ANTARA/Aris Wasita

ERA.id - Kaesang Pangarep resmi mengantongi kartu tanda anggota (KTA) Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Keputusan itu membuatnya berbeda pilihan dengan ayahnya, Presiden Joko Widodo dan kakak sulungnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang merupakan kader PDI Perjungan.

Disinggung soal perbedaan pilihan dan aturan di PDIP yang mengharusnya keluarga kadernya berada dalam satu partai politik saja, Kaesang enggan ambil pusing. Sambil berkelakar dia menyebut keluarganya adalah sang istri Erina Gudono.

"Lho ini kan keluarga saya, ini lho (Erina Gudono). Satu, dua," kata Kaesang sembari menunjuk Erina saat ditemui di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023).

Lebih lanjut, dia menilai seharusnya tak masalah apabila dirinya berbeda pilihan politik dengah ayah dan kakaknya.

"Harusnya enggak masalah juga," kata Kaesang.

Meski begitu, dia mengaku sudah meminta restu dari Jokowi dan Gibran meskipun tak sempat berbicara banyak. Namun, di samping itu, dia menilai restu dari sang istri yang lebih utama.

"Alhamdulillah saya sudah dapat izin dan restu dari istri saya. Karena mau gimana pun istri saya adalah teman hidup, teman diskusi sehingga harus dapat restu dari istri saya. Semoga ini langkah awal dari politik saya," kata Kaesang.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menyatakan tak ada masalah jika Kaesang bergabung dengan PSI. Partai berlambang banteng itu juga tak akan memanggil Presiden Jokowi karena keputusan itu tak menyalahi aturan di internal.

"Oh enggak, enggak perlu klarifikasi, orang mandiri," kata Djarot kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Selatan, Kamis, 21 September.

Djarot mengamini ada aturan partai menyebut keluarga inti seperti suami atau istri dan anak tak boleh berbeda partai. Tapi, anak presiden itu punya kebebasan karena sudah memiliki kehidupannya sendiri.

"Tentang keputusan itu ada di tangan yang bersangkutan. Mas Kaesang sudah dewasa, sudah mandiri, sudah berumah tangga, ya kita serahkan," tegasnya.

"Keluarga inti tuh apa? Anak, yang menjadi tanggungan kami, belum menikah. Ini (Kaesang, red) sudah menikah sudah punya preferensi sendiri, beliau punya keluarga inti sendiri dong," sambung Djarot.

Rekomendasi