Cerita Jokowi yang Pernah Bermain Mobile Legend

| 15 Oct 2018 18:19
Cerita Jokowi yang Pernah Bermain Mobile Legend
Ilustrasi (Istimewa)
Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita kepada mahasiswa bahwa dirinya pernah memainkan game Mobile Legend. Hal itu dikatakan Jokowi saat menyampaikan orasi ilmiahnya pada acara Lustrum XIII di Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta.

"Tapi saya selalu ingin belajar. Saya tanya ke anak-anak saya, apa sih Mobile Legend, e-sport? Coba saya ingin main seperti apa, ya main. Saya bisa," ujar Jokowi di Jakarta, seperti dikutip Antara, Senin (15/10/2018).

Jokowi menyampaikan hal itu terkait inovasi usaha yang banyak menggunakan teknologi sains digital pada masa revolusi industri 4.0. Dirinya juga menceritakan saat pertemuannya dengan Jess No Limit, sang juara dunia gim Mobile Legend yang mampu meraup pendapatan hingga ratusan juta rupiah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan profesi-profesi baru bermunculan ketika teknologi digital terus berkembang. Dia pun berkisah pengalamannya pada saat berkunjung ke Silicon Valley, markas Google di Amerika Serikat.

Jokowi dipameri oleh kreator Facebook, Mark Zuckerberg, teknologi-teknologi digital yang sedang dikembangkan. "Saya pakai kacamata gede, Oculus, diajak main pingpong. Main pingpong tidak pakai meja, tidak pakai bola, tapi main. Persis 100 persen kaya kita main pingpong," ungkap Jokowi tentang teknologi VR yang dikenakannya.

Menurut Presiden, sejumlah perubahan perkembangan tersebut yang perlu diantisipasi oleh perguruan tinggi sebagai tempat pengembangan ilmu, budaya dan iptek.

Baca Juga : AoV Bakal Meramaikan Event Asian Games 2018

"Karena nanti perubahan akan membawa perubahan besar terhadap lanskap kehidupan sehari-hari, baik lanskap sosiokultural yang akan berubah pasti, lanskap politik juga akan berubah, baik ditingkat nasional dan global, lanskap ekonomi juga akan berubah. Sehingga perguruan tinggi ini juga harus menyesuaikan," ujar Jokowi.

Capres petahana nomor urut 01 itu menilai agenda penelitian perguruan tinggi harus tanggap dengan perubahan dan peluang yang ada.

Ia mengatakan program studi dan fakultas yang ada di perguruan tinggi harus mengembangkan arahnya dan fokus pada produk-produk unggulan Tanah Air seperti komoditas unggul perkebunan maupun produk-produk budaya dan pariwisata.

Baca Juga : Tangkap Pokemon GO Lewat Fitur AR+

Dalam orasi itu, Jokowi pun menyebutkan sumber daya manusia (SDA) akan menjadi fokus pengembangan pemerintah setelah pembangunan infrastruktur kedepan.

Rekomendasi