Jokowi: Fasilitas Disabilitas di GBK 80 Persen Baik

| 16 Oct 2018 12:53
Jokowi: Fasilitas Disabilitas di GBK 80 Persen Baik
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau fasilitas disabilitas (Foto: PPID DKI Jakarta)
Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo menyambangi kompleks Gelora Bung Karno (GBK) untuk meninjau fasilitas umum yang digunakan masyarakat berkebutuhan khusus atau kaum difabel.

Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Anies Baswedan berkeliling mengecek fasilitas seperti toilet, musola, dan akses menuju kursi penonton GBK.

"Kita melihat fasilitas untuk kaum difabel, terutama yang berkaitan dengan fasilitas yang ada di Senayan, baik toiletnya, baik musalanya, trotoarnya, fasilitas untuk menuju ke penonton, 80 persen sudah baik," tutur Jokowi di Kompleks GBK, Selasa (16/10/2018).

Jokowi mengakui, fasilitas untuk kaum difabel di sana memang tidak seluruhnya ramah. Ada catatan-catatan yang ia amati dalam peninjauannya 

"Misalnya wastafelnya ketinggian, kemudian pintunya harusnya sliding, bukan dorong, yang kurang secara detail diberi masukan menteri PU. Pak Gubernur juga beri masukan," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, dia akan mendorong agar bangunan ruang publik, fasilitas umum, transportasi di seluruh provinsi, kota, dan kabupaten menjadi ramah terhadap disabilitas.

"Akan kita dorong, entah nanti dikaitkan dengan pajak, bisa dikaitakn dengan insentif yang lain, izin layak fungsi, semuanya. Nanti saya ingin mengundang rekan-rekan kita disabilitas untuk berbicara masalah ini. DKI Jakarta sudah beberapa menerapkan itu, izin layak fungsi dikaitkan dengan itu," ucapnya.

 

Rekomendasi