SYL Mundur, Jokowi Tunjuk Kepala Bapanas Arief Prasetyo Jadi Plt Mentan

| 06 Oct 2023 15:09
SYL Mundur, Jokowi Tunjuk Kepala Bapanas Arief Prasetyo Jadi Plt Mentan
Arief Prasetyo. (Foto: Antara)

ERA.id -  Presiden Joko Widodo menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian (Mentan), menggantikan Syahrul Yasin Limpo.

Penunjukan tersebut seiring dengan pengunduran diri Syahrul dari jabatannya sebagai mentan.

"Penggantinya masih plt. Plt-nya pak arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Alasannya Presiden Jokowi menunjuk Kepala Bapanas sebagai Plt Mentan adalah untuk mempermudah koordinasi, khususnya terkait pangan.

"Supaya lebih koordinatif, lebih memudahkan karena biasanya kita Bulog badan pangan kementan, menteri perdagangan ini selalu harus satu. Jadi untuk konsolidasi saja biar lebih memudahkan. Kalau saya itu," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengaku sudah menerima dan menandatangani surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo.

Adapus surat pengunduran diri Syahrul diberikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Kamis (5/10) malam.

"Tadi malam saya sudah diberikan kepada saya dari mensesneg ttg surat pengunduran diri dari pak Menteri Pertanian. Ya sudah saya terima dan tadi pagi sudah ditindaklanjuti. sudah saya tandatangani juga," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden RI Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Kamis (5/10).

SYL menyampaikan alasan mengundurkan diri dari jabatan menteri pertanian karena ada proses hukum yang harus dihadapi, dan dia harus siap menghadapi secara serius.

Ia berharap agar tidak ada penghakiman terhadap dirinya sebelum ada putusan atau vonis yang sah.

"Walaupun saya berharap jangan ada stigma dan perception of innocence, maksudnya menghakimi saya dulu, karena tentu biarkanlah proses hukum berlangsung dengan baik dan saya siap hadapi," harapnya.

Adapun Ketua Umum NasDem, Surya Paloh menyebut dirinya meminta Syahrul Yasin Limpo (SYL) menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur sebagai Menteri Pertanian (Mentan).

"Untuk itu, saya sudah menerima laporan daripada Bung Syahrul, atas nama dpp saya menyatakan segera menghadap presiden sampaikan surat Pengunduran diri sebagai menteri pertanian," kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat.

Alasannya, agar Yasin Limpo bisa berkonsentrasi menghadapi proses hukum yang sedang menjeratnya.

Tags :
Rekomendasi