PDIP Ungkap Pengumuman Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Sudah Diketahui Jokowi

| 18 Oct 2023 15:43
PDIP Ungkap Pengumuman Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Sudah Diketahui Jokowi
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah mengetahui pengumuman Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia mengatakan, informasi itu disampaikan melalui Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung.

"Kalau terkait bapak Presiden Jokowi, kami sudah sampaikan kepada mas Pramono Anung Wibowo yang mendampingi bapak presiden, bahwa hari ini memamg diumumkan (bacawapres) Ganjar," kata Hasto di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Sementara terkait ketidakadiran Presiden Jokowi saat pengumuman bacawapres Ganjar lantaran sang kepala negara tengah menjalankan tugas ke China dan Arab Saudi.

"Beliau sedang menjalankan tugas kenegaraan," kata Hasto.

Senada, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan, pihaknya memahami ketidakhadirian Presiden Jokowi dalam acara tersebut.

Menurutnya, kunjungan luar negeri yang dilakukan Presiden Jokowi lebih penting ketimbang agenda politik.

"Jadi kami memahami ketidakhadiran atau ketidakbiasaan hadirnya Pak Jokowi pada pengumuman capres dan cawapres pada kesempatan ini. Karena ada tugas yang lebih penting yang harus dikerjakan Presiden," kata Puan.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan memilih Mahfud MD sebagai bacawapres Ganjar Pranowo.

Dia mengaku dipilihanya Mahfud sudah atas masukan dari ketua umum partai politik pendukung Ganjar.

"Saya dengan mantap, kini saya mengambil keputusan semuanya bagi kepentingan bangsa dan negara. Dengan mengucapkan Bissmillah, calon wakil presiden yang dipilih PDI Perjuangan yang akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo adalah Profesor Mahfud MD," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Rekomendasi