Ditunjuk Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Berapa Harta Kekayaan Mahfud MD?

| 18 Oct 2023 17:05
Ditunjuk Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Berapa Harta Kekayaan Mahfud MD?
Mahfud MD (Antaranews)

ERA.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) deklarasikan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo di pilpres 2024. Hal tersebut dilakukan hari ini (18/10/2023) di Kantor DPP PDIP, Jln. Diponegoro No. 58 Jakarta Pusat.

Mahfud MD saat ini menjabat sebagai menteri koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Kabinet Indonesia Maju. Pencalonan cawapres dan sepak terjang di pemerintahan memancing rasa penasaran masyarakat terhadap kekayaan Mahfud MD.

Kekayaan Mahfud MD

Berdasarkan UU No. 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, Mahfud MD yang berstatus Menko Polhukam wajib melaporkan keseluruhan harta kekayaannya setiap tahun selama masih menjabat sebagai pejabat politik.

Terkait hal tersebut, Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 3 Maret 2023 menunjukkan bahwa total kekayaan Mahfud MD adalah Rp29,55 miliar pada tahun 2022.

Total kekayaan Mahfud MD tahun 2022 lebih rendah dibandingkan total kekayaan sebelumnya. LHKPN tahun sebelumnya menunjukkan bahwa total kekayaan Mahfud MD adalah Rp29,63 miliar, dengan kata lain mengalami penurunan 0,3% atau sekitar Rp89 juta.

Harta kekayaan Mahduf MD terdiri atas harta tanah dan bangunan dengan nilai total Rp12,06 miliar. Dia memiliki 15 tanah dan bangunan yang lokasinya tersebar di beberapa daerah, yaitu di Sleman, Pamekasan, Jakarta Selatan, dan Surabaya.

Mahfud MD juga tercatat memiliki kekayaan berupa alat transportasi dan mesin dengan nilai total Rp1,50 miliar. Rincian dari kekayaan ini adalah sepeda motor Honda tahun 2007 senilai Rp3 juta, mobil Toyota Avanza Veloz Minibus tahun 2012 senilai Rp120 juta, mobil Toyota Vios tahun 2013 senilai Rp135 juta.

Selanjutnya, mobil Toyota Camry tahun 2017 senilai Rp300 juta, mobil Toyota Alphard tahun 2018 senilai Rp900 juta, dan sepeda motor Vespa Primavera 150 tahun 2021 senilai Rp45 juta. Semua kendaraan tersebut adalah milik pribadi. Mahfud MD juga memiliki harga bergerak senilai Rp180,5 juta dan kas serta setara kas senilai Rp15,80 miliar.

Ganjar Pranowo, Mahfud MD, dan para Ketum Partai Koalisi Ganjar (Dok PDIP)

Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo

Pengumuman cawapres Ganjar Pranowo dilakukan sehari sebelum pendaftaran capres-cawapres yang dimulai pada Kamis (19/10/2023) hingga Rabu (25/10/2023). Pengumuman diberikan oleh Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Dengan mengucap bismillah, yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Profesor Mahfud MD,” ungkap Megawati, Rabu (18/10/2023).

Dalam acara tersebut, Mahfud MD mengenakan baju batik berwarna hijau. Selain Ganjar Pranowo, Mahfud MD, dan PDIP, deklarasi juga dihadiri Plt. Ketum PPP, M Mardiono; Ketum Perindo, Hary Tanoesoedibjo; dan Ketum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang.

Ganjar-Mahfud MD jadi pasangan capres-cawapres kedua yang dideklarasikan. Pasangan pertama yang telah dideklarasikan adalah Anies-Cak Imin, yaitu pada 2 September 2023. Sementara, orang yang akan mendampingin Prabowo Subianto di pilpres 2024 belum diumumkan.

Sebelumnya, Waketum Partai Hanura, Benny Rhamdani, telah memberikan sinyal soal sosok cawapres pendamping Ganjar, yaitu orang berinisial M. Namun, saat itu Benny tidak mengungkapkan nama lengkap orang tersebut.

Nama Mahfud MD sebagai cawapres kemudian menguat. Pada Selasa (17/10/2023) malam, foto Mahfud MD sedang bersama Megawati di kediaman Megawati di Jakarta Pusat beredar. Kemudian, hari ini pertanyaan soal sosok pendamping Ganjar terjawab.

Itulah berbagai informasi mengenai harta kekayaan Mahfud MD dan deklarasi dirinya sebagai cawapres Ganjar Pranowo. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi