Prabowo Tunggu Hasil Rapimnas Golkar Sebelum Tentukan Cawapresnya

| 20 Oct 2023 17:55
Prabowo Tunggu Hasil Rapimnas Golkar Sebelum Tentukan Cawapresnya
Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan, menunggu hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Golkar sebelum memutuskan siapa yang akan mendampinginya sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) di Pilpres 2024.

Adapun Partai Golkar akan menggelar rapimnas pada Sabtu (21/10) besok malam.

"Ya kita lihat perkembangan. Besok ada rapimnas Golkar, kita tunggu perkembangan," kata Prabowo usai menghadiri HUT ke-59 Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (21/10/2023).

Prabowo juga mengungkapkan, rencananya akan mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada pekan depan. Namun dia tak menjelaskan kapan pastinya.

Adapun KPU RI telah membuka pendaftaran sejak 19 Oktober 2024. Pendaftaran akan ditutup pada Rabu, 25 Oktober 2024.

"Saya kira minggu depan sudah kita pendaftaran ya. Minggu depan. Bukan hari Minggu, minggu depan," kata menteri pertahanan itu.

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju (KIM) menjadwalkan pertemuan antara ketua umum partai pada Jumat (20/10). Pertemuan itu untuk memutuskan satu nama untuk dipasangkan dengan Prabowo.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pun dikabarkan memajukan jadwal kepulangannya ke Indonesia di hari ini. Menteri Perdagangan itu sedang mendampingi Presiden Joko Widodo ke China.

Ketua DPW PAN Jakarta Eko Hendro Purnomo sempat menyampaikan kepada Prabowo terkait ketua umumnya yang belum bisa merapat dalam pertemuan dengan ketua umum di KIM hingga membuat rapat tertunda. Menurutnya, Prabowo menunggu Zulhas pulang ke Tanah Air.

"Ya harusnya dari kemarin sudah ketemu. Kaya semalam saja saya sudah ke Pak Prabowo dan menginformasikan bahwa 'pak mohon maaf harusnya ada pertemuan antarketum' tapi Pak Prabowo mengatakan 'harus saya menunggu ketum, yaitu Pak Zulkifli Hasan'. Jadi artinya beliau memang menunggu Pak Zul," kata Eko Jalan Kertanegara Nomor IV, Jakarta Selatan, Rabu (18/10).

Di tengah masa pendaftaran capres-cawapres, beredar dua nama yang menjadi kandidat terkuat untuk mendampingi Prabowo di Pilpres 2024.

Kedua nama itu diantaranya adalah Menteri BUMN Erick Thohir yang sejak awal sudah diusulkan oleh PAN, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyusul hasil putusan Mahkamah Konstitusi terkait syarat capres-cawapres.

Rekomendasi