Prabowo Bakal Kumpulkan Ketum KIM Bahas Usulan Golkar Soal Gibran Jadi Cawapres

| 21 Oct 2023 12:51
Prabowo Bakal Kumpulkan Ketum KIM Bahas Usulan Golkar Soal Gibran Jadi Cawapres
Ketum Golkar Airlangga Hartarto (GAbriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengapresiasi usulan Partai Golkar yang mengusulkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Usulan tersebut merupakan keputusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar yang digelar pada Sabtu (21/10).

"Tadi pembukaan Rapimnas di mana keputusan Golkar untuk mencalonkan saya di sini sebagai capres dan mas Gibran Rakabuming Raka sebagai bacawapres, ini keputusan Golkar yah," kata Prabowo di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023).

Menurutnya, usulan tersebut membuktikan bahwa Partai Golkar memiliki jiwa besar. Sebab, sebelumnya partai berlambang pohon beringin itu mendorong Ketua Umumnya Airlangga Hartarto sebagai bacawapres.

"Tapi Golkar melepas kepentingan partai, golongan, demi kepentingan yang lebih besar. Tentunya ini kehormatan saya," katanya.

Meski begitu, usulan dari Partai Golkar tidak sertamerta diterima. Prabowo bakal mengumpulkan para ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendiskusikan usulan tersebut.

"Jadi biasanya kita akan rapat, musyawarah, dan nanti kita umumkan keputusan bersama. Tentunya, usul ini akan kita bawa ke forum ketua umum partai," ucap menteri pertahanan itu.

Diberitakan sebelumnya, Gibran yang merupakan kader PDI Perjuangan diisukan bergabung dengan Partai Golkar dan akan mendampingi Prabowo Subianto sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) di Pilpres 2024.

Segala kode sudah berseliweran dari samar-samar hingga terang benderang terkait majunya Gibran. Adapun dalam Rapimnas Golkar, resmi mengusulkan Gibran sebagai bacapres Prabowo.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bacawapres," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023).

Airlangga mengatakan, usulan itu berdasarkan hasil pertemuan para ketua DPD Partai Golkar se-Indonesia yang digelar Jumat (20/10) malam.

Lebih lanjut, hasil usulan Partai Golkar ini nantinya akan dibahas kembali dalam rapat ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

"Bismillah maka saya ketok usulan Partai Golkar yang saya akan serahkan kepada bapak prabowo dan ini untuk dibawa pak prabowo dalam pertemuan forum ketum partai," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) menyampaikan pertemuannya dengan Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di rumah dinasnya di kawasan Widya Candra, Jakarta Selatan (Jaksel) pada Jumat (20/10).

Dari pertemuannya dengan Prabowo dan AHY, Zulhas mengakui ada pembicaraan mengenai bakal calon wakil presiden (bacapres) Ketum Gerindra ini. Namun saat disinggung siapa bacawapres Prabowo, Menteri Perdagangan enggan mengungkapkannya.

Dia hanya menyebut Prabowo telah mengantongi nama seseorang yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024.

"Jadi sebetulnya yang disepakati partai-partai kan sudah ada namanya di kantong Pak Prabowo. Sekarang kita lihat, tentu perkembangan politik cepat, nanti itu ya, kita diskusikan," ujarnya.

Zulhas pun menyampaikan para partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju akan mengadakan pertemuan pada Sabtu (21/10).

"Tadi, karena sudah tidak ketemu teruskan. Akan, dilanjut besok sore," tambahnya.

Rekomendasi