Presiden Jokowi Kunjungi Situs Kesultanan Banten Lama

| 03 Nov 2018 16:29
Presiden Jokowi Kunjungi Situs Kesultanan Banten Lama
Presiden Jokowi di situs Kesultanan Banten. (Wardhany/era.id)
Serang, era.id - Presiden Joko Widodo mendatangi situs Kesultanan Banten di kawasan Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Kunjungannya ini dilakukan untuk menengok hasil revitalisasi situs bersejarah tersebut.

"Hari ini kita akan mendampingi lawatan Pak Presiden untuk menengok kesultanan Banten. Alhamdulillah, kita sudah merevitalisasi dan sudah diperbaiki oleh Pak Gubernur Wahidin dengan seluruh masyarakat Banten," kata Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah kepada wartawan di situs Kesultanan Banten Lama, Serang, Sabtu (3/11/2018).

Asep berharap, kedatangan Presiden Jokowi ke situs bersejarah itu akan membawa kegembiraan bagi warga Banten. "Ini menjadi kegembiraan tersendiri buat tokoh masyarakat Banten, di sini ada rektor, kesepuhan, Kesultanan Banten juga hadir di sini untuk menyambut Kepala Negara Pak Jokowi," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan rasa terima kasihnya karena Jokowi mau menyediakan waktu untuk meninjau proses revitalisasi situs Kesultanan Banten Lama. Wahidin juga bilang, nantinya Jokowi akan menyampaikan bantuan beberapa aspek dalam pembangunan di area tersebut.

"Waktu saya menghadap Pak Presiden di Istana Bogor, beliau tanya apa yang bisa pemerintah perbantukan untuk pembangunan ini," ungkap Wahidin.

Wahidin menambahkan, karena saran para sesepuh Kesultanan Banten, bangunan Masjid Agung yang ada di sana tak boleh untuk dibongkar. Sehingga proses revitalisasi hanya dilakukan di bagian luar saja.

Presiden Jokowi hadir di situs bersejarah Banten Lama

Setelah menantikan kehadiran Presiden Jokowi, akhirnya dia tiba sekitar pukul 15.35 WIB. Jokowi tampak menggunakan baju putih lengan panjang yang digulung, dan celana kain berwarna hitam. Dirinya juga menggunakan sepatu sneakers berwarna hitam dengan kombinasi putih.

Ketika masuk, Jokowi tampak berbincang dengan Gubernur Banten Wahidin Halim, Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah, dan keturunan kesultanan Banten Sultan Bambang Wisanggeni serta para ulama. Ada juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sebelum masuk ke dalam area makam, Jokowi sempat menyapa awak media. "Asalamuallaikum," kata Jokowi sambil tersenyum dan langsung masuk ke dalam area makam.

Rencananya, setelah mengunjungi situs bersejarah di Banten itu, Jokowi akan mengikuti acara deklarasi paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin di Gelanggang Remaja, Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten.

Tags : jokowi
Rekomendasi