Jokowi: Saya Muter ke Banyak Provinsi, Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran Stabil

| 11 Apr 2023 16:46
Jokowi: Saya Muter ke Banyak Provinsi, Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran Stabil
Presiden Jokowi. (Antara)

ERA.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) keliling ke berbagai provinsi di Indonesia demi melihat langsung harga kebutuhan bahan pokok saat bulan Ramadhan dan menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Hasilnya, dari daerah yang ia kunjungi harga kebutuhan bahan pokok masih stabil. 

"Saya memutar sudah di banyak provinsi. Jadi kalau melihat harga-harga stabil dan kemarin di Boyolali justru bawang merah, bawang putih, telur, turun semuanya," kata Jokowi, di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (11/4/2023). 

Dalam kunjungan kerjanya ke Banten ini, selain meninjau kesiapan fasilitas mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Jokowi juga dijadwalkan meninjau harga bahan-bahan pokok di Pasar Kelapa, Cilegon, Banten.

Sebelum ke Banten, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah (Jateng). Di provinsi tersebut, Jokowi meninjau harga pangan di Pasar Cepogo, Boyolali, Senin (10/4) dan menemukan data bahwa harga kebutuhan pokok di Cepogo mengalami penurunan menjelang Lebaran 2023.

“Saya dengan Pak Menteri Perdagangan juga Pak Gubernur Jawa Tengah mengecek terakhir kondisi harga-harga menjelang mendekati Lebaran seperti apa? Ternyata yang di sini yang kita lihat turun semuanya,” ujar Jokowi seperti dilansir di laman resmi Sekretariat Kabinet.

Harga sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami penurunan di Pasar Cepogo, kata Jokowi, antara lain, cabai rawit, telur, bawang putih, dan daging ayam. Penurunan harga tersebut karena banyaknya pasokan produksi di daerah tersebut.

Di Jateng, Jokowi juga berkunjung ke Pasar Legi, Kota Surakarta, Senin (10/4).

Jokowi melihat bahwa secara umum harga-harga bahan pokok mengalami penurunan di Pasar Legi.

“Kayak telur, telur sudah Rp25 ribu, sebelumnya di atas Rp30 ribu, bawang merah juga sama turun (jadi) Rp26 ribu, ada yang Rp25 ribu, kemudian bawang putih juga sama turun, Rp24 ribu,” ujar Jokowi.

Selain itu, harga beras juga mengalami penurunan meskipun belum terlalu signifikan. Kepala Negara pun berharap harga beras dapat turun lebih rendah lagi seiring dengan banyaknya panen raya.

“Beras juga turun meskipun masih antara 300-400 perak tapi sudah turun. Nah, ini kalau panennya makin banyak, panen raya makin banyak, kita harapkan harganya bisa turun lagi sehingga inflasi makin kecil,” kata dia pula. (Ant)

Rekomendasi