'Winter is Coming' Versi Donald Trump untuk Iran

| 04 Nov 2018 07:19
<i>'Winter is Coming'</i>   Versi Donald Trump untuk Iran
Presiden Donald Trump (Twitter @realdonaldtrump)
Jakarta, era.id - Lagi-lagi istilah dari serial televisi 'Game of Thrones'(GOT) kembali dipopulerkan oleh pemimpin dunia. Setelah pidatonya Presiden Joko Widodo pada pertemuan IMF-IMB di Bali beberapa waktu lalu, kali ini istilah serupa juga dipakai Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump.

Lewat akun Twitter-nya, Trump mengunggah sebuah poster dirinya dengan gaya penulisan layaknya serial Game of Thrones. Hanya saja, gambar tersebut bukan bertuliskan 'Winter is coming' melainkan 'Sanctions are coming'.

'Sanctions are coming' merujuk pada sanksi yang diberikan pada Iran, terkait pengembangan nuklir yang dilakukan pada negara tersebut. Peringatan akan sanksi pada Iran itu, akan ditetapkan kembali oleh AS pada 5 November 2018 mendatang. 

Seperti dilansir dari The Washington Post, Sabtu (3/11) pihak Gedung Putih menyebut sanksi baru kepada Iran merupakan sanksi terberat yang pernah diberikan AS. 

 

Sanksi itu sebelumnya sempat ditarik oleh mantan Presiden AS Barack Obama sebagai bagian dari perjanjian nuklir dengan Iran pada 2015 lalu. Sanksi tersebut akan diberlakukan kembali pada 5 November mendatang, tepat sebelum pemilu sela AS pada 6 November 2018. 

Negeri Paman Sam berencana memberi sanksi Iran di beberapa sektor strategis yaitu energi, pengiriman, dan sektor perbankan. Perseteruan ini mulai kembali memanas sejak AS menarik diri dari perjanjian nuklir dengan Iran, yang menyebabkan Trump berkewenangan memberi sanksi Iran.

Nah biar kalian tahu saja, frasa 'Winter is Coming' mengacu pada serial tv dan novel populer karya George RR Martin yang berjudul sama 'Game of Thrones'. Kata 'Winter is Coming' merupakan episode pertama sekaligus frasa terkenal di dalam serial tersebut. 

Istilah 'Winter is Coming' kembali populer setelah Presiden Jokowi menyampaikan pidatonya dalam pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali Oktober lalu. Ia berusaha menggambarkan kondisi perekonomian dunia yang tengah mengalami keretakan. 'Winter is Coming,' menandakan akan datangnya ancaman besar jika kondisi tersebut tak segera diatasi.

 

Rekomendasi