Penampakan Wajah Tersenyum di Antara Taburan Bintang

| 06 Nov 2018 10:22
Penampakan Wajah Tersenyum di Antara Taburan Bintang
Coba temukan di mana wajah tersenyum di antara taburan bintang (NASA)
Jakarta, era.id - Teleskop luar angkasa Hubble baru saja menemukan hal unik dari ruang angkasa. Di antara taburan bintang dan sinar kosmik, teleskop milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA) itu menemukan gambaran wajah yang sedang tersenyum.

Dalam citra teleskop yang diposting di website NASA, tampak dua cahaya kuning (seperti mata) di atas lengkungan cahaya (seperti bibir tersenyum), dan berada di tengah lautan bintang-bintang. Menurut NASA, lengkungan tersebut terjadi karena disebabkan cahaya yang melewati sumber gravitasi besar, sehingga menyebabkannya membengkok.

"Galaksi di bagian bawah yang berbentuk busur memiliki karakteristik khas galaksi yang telah di lensa gravitasi," kata NASA seperti dikutip dari CNET, Selasa (6/11/2018).

"Cahayanya melewati suatu objek sangat besar dalam perjalanannya ke arah kita, menyebabkannya terdistorsi."

Penampakan wajah yang sedang tersenyum itu terletak di cluster galaksi SDSS J0952 + 3434, dan ditembak dengan menggunakan Wide Field Camera 3 dari Hubble Space Telescope (WFC3).

Citra yang ditangkap teleskop ini diambil ketika NASA melakukan pencarian guna memahami proses terjadinya bintang baru. Dengan menganalisis luminositas, ukuran dan tingkat pembibitan bintang yang berbeda, para peneliti berharap mempelajari proses pembentukan bintang baru.

"Mempelajari pembibitan dalam galaksi berbeda akan memberikan informasi tentang pembentukan bintang di berbagai titik ruang dan waktu di seluruh alam semesta," jelas NASA.

Teleskop Wide Field Camera 3 (WFC3) dari Hubble memiliki kemampuan melihat galaksi dengan resolusi sangat tinggi yang dibutuhkan dalam menemukan dan mempelajari lahirnya bintang-bintang.

Rekomendasi