Basarnas Hentikan Pencarian Korban Lion Air Hari Ini

| 10 Nov 2018 15:12
Basarnas Hentikan Pencarian Korban Lion Air Hari Ini
Kabasarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Badan SAR Nasional (Basarnas) memutuskan untuk mengakhiri masa pencarian korban pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang dua pekan lalu, setelah memperpanjang masa evakuasi dengan total 13 hari.

Hal ini merupakan hasil evaluasi dan analisa tim SAR yang baru saja dilakukan secara internal, berdasarkan pertimbangan hasil penemuan korban yang ditemukan beberapa hari belakangan. Serta pencarian hari ke-13 sejak pagi sampai siang juga tidak menemukan korban.

"Jadi berdasarkan pantauan tersebut, kami dari tim SAR Basarnas pusat mengambil keputusan bahwa operasi Sar ini secara terpusat itu disudahi atau ditutup hari ini," ujar Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya Muhammad Syaugi di Dermaga JICT II, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Sabtu (10/11/2018).

Meski operasi SAR berakhir, Syaugi menyebut bahwa kantor SAR Jakarta dan kantor SAR Bandung akan tetap melayani pencarian, apabila ada informasi temuan korban lain dari warga sekitar.

"Tim SAR atau Kantor SAR Jakarta dan Bandung tetap melaksanakan operasi SAR, kalau masih ada informasi, baik itu dari nelayan atau siapapun juga yang menemukan ada korban di daerah tersebut. Mereka siaga 24 jam," kata dia.

Di hari terakhir masa pencarian ini, Syaugi mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, termasuk tim SAR gabungan yang mencari dan mengevakuasi para korban selama ini.

"Kami juga mohon maaf pada seluruh masyarakat terutama kepada keluarga korban apabila dalam pelaksanaan evakuasi korban ini belum menyenangkan semua pihak, namun kami sudah melaksanakan sekuat tenaga dengan kunci tiga yang selalu saya sampaikan bahwa pemerintah hadir, serius, dan bekerja pakai hati," ucap dia. 

Diketahui, sampai hari ke-13 pencarian, Basarnas telah berhasil menemukan 196 kantong jenazah dari hasil temuan operasi. Sementara itu, tim DVI ini sudah berhasil mengidentifikasi 77 korban.

Baca Juga : Akankah Pencarian Korban Lion Air Dihentikan?

 

Rekomendasi