Musim Hujan Belum Puncak, Cimahi Sudah Kebanjiran

| 12 Nov 2018 20:30
Musim Hujan Belum Puncak, Cimahi Sudah Kebanjiran
Situasi Cimahi pasca banjir (Foto Twitter Sutopo)
Cimahi, era.id - Kota Cimahi diguyur hujan deras pada Minggu (11/11) kemarin selama tiga jam yang berakibat pada banjir. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, bilang penyebab banjir akibat drainase yang buruk.

"Drainase yang kecil, dangkal dan penuh sedimen. Ya gimana nggak banjir jika drainase seperti ini?" tulis Sutopo melalui akun twitternya, Senin (12/11/2018).

Yang menyedihkan karena puncak dari musim hujan masih jauh. BNPB memprediksi puncak hujan akan datang pada Januari mendatang.

"Kondisi jalan dan drainase pascabanjir di Kota Cimahi. Aspal terkelupas hanyut oleh banjir," sambung Sutopo.

Sutopo kemudian membeberkan apa saja yang jadi biang keladi banjir. Mulai dari kehadiran sampah, kapasitas drainase lebih kecil daripada run off hingga bangunan liar. Termasuk semakin berkurangnya resapan air.

"Bahkan banyak jalan tidak ada drainase," lanjutnya.

Wilayah yang terdampak banjir di antaranya Jalan Jenderal Amir Machmud, Jalan Mahar Martanegara, Kawasan Cimindi, Kelurahan Citereup, serta merendam pemukiman warga di daerah Cigugur Tengah. Wilayah yang paling parah terletak di Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah. 

Tags : banjir
Rekomendasi