Bendung Katulampa Jebol, BNPB: Hoaks Berita Lama

| 27 Nov 2018 21:19
Bendung Katulampa Jebol, BNPB: Hoaks Berita Lama
Bendung Katulampa (Foto: Twitter @BPBDJakarta)
Jakarta, era.id - Curah hujan yang tinggi membuat warga yang tinggal di bantaran kali atau sungai merasa khawatir akan potensi banjir. Kekhawatiran itu ditambah dengan kabar bohong mengenai kabar viral di media sosial yang mengatakan Bendung Katulampa di Bogor dan akan menyebabkan Jakarta banjir dalam hitungan jam. 

Kabar hoaks itu langsung diklarifikasi oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Melalui akun twitternya @sutopo_PN, Sutopo menyatakan kondisi sungai-sungai di Bogor, Depok dan Jakarta dalam keadaan yang aman.

"Beredar di medsos yang mengatakan Bendung Katulampa jebol dan akan menyebabkan Jakarta banjir. Itu semua hoax. Kondisi sungai-sungai di Bogor, Depok, dan Jakarta aman pada 27/11/2018," tulis Sutopo seperti dikutip era.id, Selasa (27/11/2018).

Sutopo menjelaskan, kabar hoaks mengenai Bendung Katulampa jebol sudah pernah beredah beberapa tahun lalu. Namun, informasi bohong itu kembali beredar dan meresahkan masyarakat.

"Hoaks itu pernah disebarkan tahun lalu dan saat ini disebarkan lagi oleh oknum. Jangan percaya," katanya. 

 

Selain unggahan informasi hoaks mengenai Bendung Katulampa, Sutopo juga memberikan informasi grafik tinggi muka air dari BPBD DKI Jakarta. Dalam data itu terpantau Bendung Katulampa masih berada di status aman.

"Sementara data pukul 21.00 WIB, BPBD DKI mencatatkan ketinggian air di Bendungan Katulampa setinggi 40 cm, atau masih cukup jauh dari batas siaga III atau waspada yakni 80 cm," demikian informasi mengenai ketinggian air di Bendung Katulampa dari BPBD DKI Jakarta.

Biar kalian paham, hingga kini masih banyak orang yang salah menyebutkan Bendung Katulampa dengan Bendungan Katulampa. Pasalnya keduanya memiliki fungsi yang berbeda, di mana Bendung merupakan pembatas air untuk menahan laju debit air pada aliran sungai. Sedangkan Bendungan merupakan penampungan air yang dipertahankan baik saat musim hujan maupun kemarau.

 

Rekomendasi