Sunanto dan Janji Besarkan PP Muhammadiyah

| 29 Nov 2018 09:02
Sunanto dan Janji Besarkan PP Muhammadiyah
Foto Sunanto usai dinobatkan jadi ketua PP Muhammadiyah. (Foto: Twitter @muhammadiyah)
Bantul, era.id - Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Rabu (28/11) malam memutuskan Sunanto sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Periode 2018-2022.

Sunanto biasa disapa Cak Nanto meraih suara terbanyak dengan raihan 590 dari total sebanyak 1.196 pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada 28 November atau agenda terakhir Muktamar Pemuda Muhammadiyah itu. 

Sunanto, pada kepengurusan PP Pemuda Muhammadiyah, sebagai Ketua Bidang Hikmah dan Hubungan Antarlembaga Periode 2014-2018. Dia menggantikan Dahnil Anzar Simanjuntak yang telah habis masa jabatannya.

Dilansir dari muhammadiyah.or.id, Kamis (29/11/2018), Sunanto dalam pidato iftitahnya mengatakan, bahwa Muktamar kita lalui dengan baik, dengan semangat fastabiqul khairat, kita mulai babak baru, tingkatkan soliditas, semangat baru menjalankan visi misi kemajuan Pemuda Muhammadiyah.

"Saya merasa bangga terhadap para kader atas partisipasinya di Muktamar, mari kita besarkan Pemuda Muhammadiyah," ujarnya.

 

Dinukil dari Antara, Kamis (29/11/2018), Dahnil Anzar Simanjuntak di arena Muktamar Pemuda Muhammadiyah saat proses pemilihan mengatakan, selama empat tahun memimpin organisasi kemasyarakatan itu yang paling berat adalah mengemban amanah dalam menegakkan Amar Makruf Nahi Mungkar.

"Empat tahun ini saya memimpin Pemuda Muhammadiyah yang paling berat adalah tentu efek yang saya terima dari komitmen melakukan dakwah amar makruf nahi mungkar," kata Dahnil. 

Dahnil menyebutkan, beberapa di antaranya dalam melakukan pembelaan terhadap terduga teroris Siyono yang tewas, kemudian kemudian kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan dan pendampingan-pendampingan terhadap petani.

"Dakwah amar makruf nahi mungkar terutama nahi mungkar itu tidak mudah, karena pasti mendapat perlawanan balik dari mereka-mereka yang takut terganggu," katanya pula. 

Dia juga berpesan kepada Pemuda Muhammadiyah bahwa tugas yang perlu dijaga dan ditingkatkan adalah keberanian dalam kebenaran. 

"Tugas anak muda itu salah yang perlu dirawat adalah keberanian, keberanian itu kemewahan yang harus dijaga terutama idealisme yang harus terus dijaga," kata dia lagi.

Rekomendasi