Aksi Mawar dan Ungkapan Terima Kasih untuk KPU

Tim Editor

Aksi bunga mawar untuk KPU (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Kuntum bunga mawar bertebaran di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bunga-bunga mawar dibawa oleh sejumlah massa yang mengatasnamakan masyarakat sipil untuk kemanusiaan. 

Dalam orasinya, Ketua PP Muhammadiyah Sunanto menyebut tujuan kedatangan mereka adalah untuk melangsungkan bela sungkawa terhadap sejumlah petugas TPS dan aparat yang meninggal dunia dalam bertugas dalam menyelenggarakan pemilu 17 April lalu. 

"Atas nama organisasi, kami berbela sungkawa terhadap pahlawan demokrasi yang gugur dalam perjuangan ini," kata Sunanto di lokasi, Senin (22/4/2019).

Tak hanya membawa bunga mawar, mereka juga memberi dukungan kepada KPU dalam menyelenggarakan pemilu serentak ini. Mereka yakin KPU adalah lembaga yang memiliki integritas dan independen tanpa ada niat curang. 

"Aksi lintas golongan ini berkumpul memberikan dukungan kepada KPU. Saya yakin KPU sebagai lembaga negara yng sah untuk menyelenggarakan pemilu termasuk menghitung hasil dengan menjaga integritasnya," kata dia. 



Selain bunga mawar mereka juga membawa pamlet bertuliskan 'Terimakasih KPU', sembari mengibarkan bendera merah-putih. Banyak tokoh yang nampak ikut dalam aksi ini, seperti Sunanto, Rizal Mallarangeng, Opie Andaresta, Rian Ernest, Natalia Subagio, Asty Ananta, dan Nong Darol Mahmada. 

Massa juga menandatangani petisi yng dibentangkan di jalanan depan Gedung KPU. Petisi ini ditandatangani sejumlah orang seperti seni, penggiat pendidikan, penggiat toleransi, PP Muhammadiyah, NU, banser, dan sebagainya. 

"Petisi ini untuk memberikan secercah dukungan supaya KPU enggak merasa sendirian. Kami sadar KPU saat ini sedang dihimpit kiri dan kanan," kata Menurut Politisi PSI Rian Ernest.

Sebelum meninggalkan lokasi, massa mengadakan doa lintas agama untuk kelancaran pemilu sampai hasil penetapan. Tak lama, Komisioner KPU Ilham Saputra keluar dari gedung dan menghampiri massa.

Sambil diiringi oleh lagu Ibu Pertiwi dan ikut dinyanyikan oleh massa aksi, Ilham diberi sebuah buket bunga mawar.

"Saya berterima kasih atas nama KPU. Kami bekerja sesuai prinsip netralitas tanpa berpihak ke pihak manapun. Kami bekerja profesional, doakan kami bekerja lebih baik lagi," tutur Ilham diiringi tepuk tangan massa aksi yang hadir.
 

Tag: kpu pemilu 2019 pilpres 2019

Bagikan: