Banyak Perempuan Tak Sadar Dilecehkan

| 30 Nov 2018 07:01
Banyak Perempuan Tak Sadar Dilecehkan
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Jujurlah, kita mungkin kurang pemahaman mana yang masuk kategori pelecehan seksual. Akibatnya, banyak perempuan yang tak sadar kalau mereka sedang dilecehkan. 

Pegiat antikekerasan terhadap perempuan dari Hollaback Jakarta, Anindya Restuviani bilang, semua ini terjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang bentuk-bentuk kekerasan seksual. "Padahal siulan saja sudah termasuk pelecehan seksual, tetapi banyak yang tidak merasa bahwa itu pelecehan," kata Anindya, Kamis (29/11/2018).

Beberapa lembaga seperti Hollaback Jakarta, Lentera Sintas Indonesia, perEMPUan, dan Jakarta Feminist telah membuat survei tentang pelecehan seksual di ruang publik. Survei tersebut dipublikasikan situs penyeberan petisi advokasi change.org. 

Hingga 27 November 2018, sudah lebih 50 ribu orang ikut berpartisipasi mengisi survei tersebut. Sebanyak 45 persen orang yang mengikuti survei mengaku pernah menjadi korban pelecehan.

"Sisanya memang mengaku tidak pernah, namun saat mereka menjawab pertanyaan lebih dalam, ternyata mereka pernah disiul saat berjalan. Sementara dapat disimpulkan bahwa korban tidak sadar mereka telah menjadi korban," kata dia.

Untuk itu pada kampanye 16 Hari Anti-Kekerasan Terhadap Perempuan yang mengambil tema #HearMeToo, terus mengajak masyarakat untuk berbicara tentang kekerasan yang mereka alami.

Cerita-cerita tersebut diharap dapat membuka pikiran masyarakat bahwa belum ada ruang aman untuk perempuan. Mereka juga berharap, RUU Penghapusan Kekerasan Seksual segera disahkan, untuk menjamin rasa aman para perempuan.

Rekomendasi