Mantap, Dolar AS Sore ini Rp14.300

Tim Editor

Ilustrasi rupiah (Pixabay)

Jakarta, era.id - Jelang akhir pekan, nilai tukar rupiah terus perkasa dan berhasil menekan dolar Amerika Serikat (AS) ke angka terendahnya. Dipenutupan perdagangannya sore ini, mata uang Paman Sam berada di kisaran Rp14.300

Mengutip data perdagangan Reuters, Jumat (30/11/2018) pukul 16.24 WIB, dolar AS bergerak di level Rp 14.370 hingga Rp 14.270. Itu artinya Rupiah mengalami penguatan hampir 0,56 persen bila dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.



Penguatan rupiah terhadap dolar AS, juga dirasakan di pasar saham yang terus menghijau. Bahkan, rupiah mengungguli sejumlah mata uang di pasar asia lainnya seperti yen Jepang, dolar Hong Kong, rupee India, peso Fillpina, dan baht Thailand. 

Di sisi lain, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta juga ikut bergerak positif dan bergerak di kisaran Rp14.300 per dolar AS. Bank BCA menjual dolar dengan harga Rp14.309 pada pukul 16.14 WIB.


Data perdagangan Bank BCA 16.14 WIB

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memprediksi bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih akan terus menguat. Darmin bahkan meyakini kalau dolar AS bisa turun ke level Rp13.000.

"Kita masih punya ruang untuk penguatan rupiah. Masih bisa tembus ke arah Rp 13.000, punya, kita masih punya ruang itu," kata Darmin di Kemenko Perekonomian, seperti dikutip Antara.

Darmin mengatakan, peluang tersebut dengan catatan kondisi perekonomian global sudah tidak lagi menciptakan ketidakpastian yang berasal dari ketegangan perang dagang dan The Fed tidak melakukan normalisasi bunga acuan.

Tag: nilai tukar rupiah dolar as pertumbuhan ekonomi

Bagikan: