Jakarta Masuk Musim Hujan, 57 Ribu Pohon Ditebang

| 11 Dec 2018 18:26
Jakarta Masuk Musim Hujan, 57 Ribu Pohon Ditebang
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Masuk musim hujan, Pemprov DKI Jakarta mengantisipasi masalah pohon tumbang dengan menebang sejumlah pohon yang dianggap berbahaya buat pengguna jalan dan kendaraan bermotor.

"Tengah dilakukan penopingan secara rutin di lima wilayah kota, di DKI dengan total berjumlah 57.229 pohon," kata Plt Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Suzi Marsitawati saat dihubungi, Selasa (11/12/2018). 

Penebangan pohon yang dinilai membahayakan ini dilakukan karena adanya temuan 187 kasus pohon tumbang pada November hingga Desember 2018.

Suzi mengatakan, salah satu penyebab tumbangnya pohon itu lantaran usianya yang sudah tua, ssehingga akarnya tak mampu menopang batang pohon. 

"Beberapa faktor tumbangnya pohon karena angin kencang, pohon sudah tua dan mengakibatkan keropos, serta akar rusak akibat galian," ucap Suzi.

Selain itu, kata Suzi, setiap pohon yang ada di Ibu Kota mempunyai kualitas ketahanan masing-masing. Mengingat, tidak melulu tumbangnya pohon, dikarenakan usia. 

"Tergantung jenisnya ada umurnya ratusan tahun tergolong pohon tua, masih banyak di daerah lapangan banteng, Menteng, jenisnya seperti Mahoni, Asem Jawa, dan Khaya," tutur dia.

Untuk kamu ketahui, berikut jumlah pohon yang sudah ditebang dan tersebar di lima wilayah Ibu Kota : 

Dinas Kehutanan DKI Jakarta : 7.480 pohon

Sudin Jakarta Utara : 6.253 pohon

Sudin Jakarta Pusat : 5.724 pohon

Sudin Jakarta Barat   : 5.187 phn

Sudin Jakarta Selatan :   21.172 pohon

Sudin Jakarta Timur : 11.413 pohon

Jumlah     : 57.229 pohon

Rekomendasi