Disparbud DKI Bakal Bina Pengamen Ondel-ondel

Tim Editor

Pengamen ondel-ondel. (Facebook @SoegiartoGimanMarto)

Jakarta, era.id - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro berencana menertibkan pengamen ondel-ondel. Menurut dia, ondel-ondel yang sering berkeliaran di Ibu Kota saat ini tidak sesuai dengan unsur budaya Betawi.

Asiantoro mengatakan, ondel-ondel yang berada di jalanan tidak memperhatikan musik ciri khas dan busana Betawi. Padahal, ondel-ondel merupakan ikon budaya DKI Jakarta.

"Yang belakangan ini memang, pertama dari kostumnya tidak betul, terus kedua tidak pake musik. Sebenarnya kan kalau dia pakai musik itu sedang membantu pemda untuk melestarikan kesenian," ucap Asiantoro kepada wartawan, Jumat (14/12/2018).

Asiantoro bilang, apabila ondel-ondel yang digunakan untuk mengamen sesuai dengan kriteria budaya Betawi tentu akan mendapat dukungan. Apalagi, dengan turun ke jalan, sama saja mereka mempromosikan budaya Betawi.



"Belakangan ini memang, satu dari kostumnya tidak betul, terus dua dia tidak pake musik. Sebenernya kan kalau dia pake musik itu (ciri khas Betawi tidak masalah). (Bahkan) sedang membantu Pemda untuk melestarikan kesenian kan," tuturnya.

Sebagai anggota dewan yang yang membidangi kebudayaan di lingkungan Pemprov DKI, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi juga mendukung Disparbud DKI untuk melakukan pembinaan terhadap pengamen ondel-ondel yang kerap turun ke jalan Ibu Kota.

Kata Suhaimi, rencana pembinaan ondel-ondel yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan diharapkan dapat membuat ikon Jakarta menjadi terarah.

"Yang kita harapkan itu mereka diwadahi kemudian dibina dan kemudian mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki, sehingga keterampilannya berkembang," tutur dia.

Dengan adanya pembinaan yang dilakuan oleh Disparbud DKI komisi B DPRD DKI, lanjut Suhaimi, pihaknya mengharapkan kedepannya boneka raksasa yang menjadi ikon Ibu Kota Jakarta itu menjadi lebih terarah.


(Infografis/era.id)

Tag: dosa dosa negara kepada kebudayaan pemprov dki jakarta

Bagikan: