Debat Pertama Pemilu 2019 Digelar 17 Januari

| 14 Dec 2018 17:30
Debat Pertama Pemilu 2019 Digelar 17 Januari
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman. (Diagh/era.id)
Jakarta, era.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman menyebut, debat calon presiden-wakil presiden Pemilu 2019 pertama digelar pada 17 Januari 2019. Saat ini KPU masih mengolah konsep debat tersebut. 

Arief mengatakan, rapat finalisasi debat akan digelar pada 19 Desember 2018. Rapat juga akan diikuti perwakilan masing-masing kandidat.

"Kami rapat lagi tanggal 19 (Desember) dan saya berharap ini sudah final, karena persiapan debat 17 Januari (2019)," ujar Arief di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2018).

Keseluruhan konsep debat nanti akan dibahas dalam rapat finalisasi itu. Mulai dari jumlah moderator, penggelolaan pertanyaan hingga pertanyaan yang diajukan kepada para peserta bersifat tertutup atau terbuka.

Terkait dengan sifat pertanyaan yang bersifat tertutup, para peserta menjawab pertanyaan yang tidak diketahui sebelumnya. Dengan kata lain, pertanyaan diajukan saat debat dan para peserta menjawab saat itu juga.

"Yang tertutup itulah untuk menguji kecakapan para peserta merespons pertanyaan yang diajukan dan mengajukan pertanyaan kepada peserta lain," ucap dia.

Pada pertanyan bersifat terbuka, lanjutnya, beberapa waktu sebelumnya para peserta akan diberitahukan lebih dahulu perihal pertanyaan yang akan diajukan. Sehingga ketika pelaksanaan debat, mereka tinggal memaparkan saja jawaban yang telah disusun.

"Kita kan pingin tahu visi-misi secara utuh. Justru kalau tidak diberi tahu, nanti malah pesan visi-misi mereka tidak sampai," kata Arief.

Namun ada usulan juga, menggunakan dua konsep tersebut. Nantinya diatur ke dalam setiap segmen debat. Rencananya, ada enam segmen debat dalam satu gelaran debat kandidat.

Sedangkan untuk debat kedua, ketiga, keempat, dan kelima akan digelar secara berturut-turut setelah Januari 2019. "17 Februari, 17 Maret, 30 Maret, dan 13 April," ujar dia.

Tags : kpu pemilu 2019
Rekomendasi