Kunjungi Banten, Jokowi: TNI-Polri Pantau Kerusakan dari Laut

| 24 Dec 2018 19:29
Kunjungi Banten, Jokowi: TNI-Polri Pantau Kerusakan dari Laut
Presiden saat mengunjungi Rumah sakit lapangan batalyon kesehatan I Marinir Cilandak di Labuan. (Foto: setkab.go.id)
Pandeglang, era.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan personel TNI dan Polri akan memantau sejumlah area terdampak tsunami di Selat Sunda dari laut. Hal itu dikatakan Jokowi saat meninjau sejumlah wilayah terdampak tsunami Selat Sunda di Provinsi Banten.

"Hari ini akan disisir kembali, tapi lewat laut mengenai kemungkinan-kemungkinan tempat yang belum terpantau oleh kita," kata Jokowi dalam jumpa pers di Hotel Mutiara Carita, Pandeglang, Banten, seperti dikutip Antara, Senin (24/12/2018).

Menurut Jokowi, fokus tim gabungan penyelamat adalah mengevakuasi dan menyelamatkan warga yang menjadi korban.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta aparat keamanan dan petugas kesehatan untuk membantu korban luka ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Ia juga mengapresiasi respons cepat dari personel TNI dan Polri dalam memberikan bantuan kepada para korban.

 

"Saya melihat evakuasi sudah dilakukan secara cepat oleh TNI dan Polri dibantu Pemda dan kecepatan-kecepatan evakuasi di lapangan ini patut kita apresiasi. Sangat saya hargai, juga cepat apa yang harus dilakukan," ujar Presiden.

Presiden telah meninjau kerusakan fasilitas pariwisata, seperti penginapan di Hotel Mutiara Carita.

Terdapat beberapa bangunan cottage hancur dan turap penahan gelombang di bibir pantai pun rusak diterjang gelombang tsunami. Sejumlah daerah yang terdampak oleh gelombang tsunami berada di Banten dan Lampung Selatan.

Rekomendasi