Makanan Khas Daerah Yang Wajib Ada Saat Natal

| 25 Dec 2018 09:15
Makanan Khas Daerah Yang Wajib Ada Saat Natal
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Di momen yang spesial seperti hari raya Natal, rasanya kurang lengkap jika tanpa ditemani hidangan yang berbeda dari hari-hari biasa. Padahal di berbagai daerah di Indonesia punya makanan khas yang identik dengan perayaan Natal.

Berikut beberapa diantaranya:

1. Kue Ombus-ombus

Makanan yang terbuat dari tepung beras yang diberi gula di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang ini merupakan makanan khas Batak yang berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara. Kue yang enak dimakan saat masih hangat ini biasa disajikan pada acara seremonial adat Batak tertentu, tak terkecuali ketika perayaan Natal.

2. Mie Gomak

Kemudian satu lagi makanan khas Batak yang wajib hadir pada momen Natal yakni mie gomak. Mie gomak memiliki cita rasa yang pedas dan gurih. Dinamai mie gomak karena cara pembuatannya mie diaduk langsung dengan tangan alias digomak. 

Mie gomak sering juga disebut dengan 'spaghetti'-nya orang Batak, karena menggunakan mie jeni lidi. Salah satu yang membedakan mie gomak dengan mie lainnya yakni mie dimasak dengan rempah andaliman, yaitu bumbu masak khas orang Batak. 

3. Kue Poporcis

Sebelum memulai hari yang penuh kebahagiaan ini, ada baiknya perut diisi menu sarapan terlebih dahulu. Salah satu menu khas Natal yang cocok untuk disantap saat sarapan yakni kue poporcis. Kue yang berasal dari Ambon ini mirip-mirip pancake. Hanya saja berbeda bahan dasarnya, kue poporcis terbuat dari labu kuning dicampur terigu.

4. Ayam Rica-rica

Makanan yang sudah terkenal hampir di seluruh Indonesia ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kata 'rica' sendiri berasal dari bahasa Manado yang artinya pedas atau cabai. Ayam rica-rica biasanya disajikan dengan nasi yang ditaburi bawang goreng dan juga sudah dilengkapi dengan mentium.  Rasanya yang pedas membuatnya menjadi makanan yang selalu dinanti di meja makan saat natal.

5. Klapertart

Dengan berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur, kue ini juga sangat cocok untuk dijadikan teman saat kumpul keluarga di hari Natal nanti. 

6. Bagae

Bagea terbuat dari Sagu ditambahkan dengan gula halus, biji cintang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya, ditambah dengan kacang cintang halus, bumbu kayu manis, dan bubuk cengkeh. Kue bagea biasanya berbentuk bulat dengan warna coklat pucak. 

7. Ikan kuah kuning

Di Ambon terdapat masakan khas Natal yang wajib dicoba, yaitu ikan kuah kuning. Ikan yang di masak bersama bumbu rempah rempah Indonesia ini biasanya disajikan pedas dan disantap dengan papeda. Ikan yang dimasak biasanya ikan tuna atau ikan muba dengan kunyit dan kapur.

Rekomendasi