Gurih dan Kaya Rempah Nusantara, 5 Hidangan Tradisional Khas Daerah yang Jarang Terekspose

| 13 Jan 2023 18:08
Gurih dan Kaya Rempah Nusantara, 5 Hidangan Tradisional Khas Daerah yang Jarang Terekspose
Tempoyak Ikan Patin (Sumber: belanga.id)

ERA.id - Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam budaya, suku, dan ras serta kaya akan berbagai macam rempah-rempah. Keberagaman dan kekayaan tersebut pada akhirnya menciptakan banyak hidangan khas negeri yang mungkin belum pernah kamu cicipi sebelumnya. Rendang, Nasi Goreng, dan Sate, merupakan beberapa makanan khas Indonesia yang saat ini sudah diakui dunia dan tidak asing lagi di mulut kita semua.

Menurut penelitian dari pakar kuliner senior Prof. Dr Ir Murdijati Gardjito, pada tahun 2019 terdapat 3.259 hidangan khas Indonesia. Daftar itu tentunya akan terus bertambah, mengingat daftar tersebut hanya berisi makanan khas dari setiap provinsi yang memiliki nama, belum termasuk makanan khas di daerah terpencil serta kuliner yang baru tercipta.

Memasuki tahun 2023, tentunya kamu harus mencicipi makanan khas Indonesia lain yang tentunya dapat memanjakan lidah. Dirangkum dari siaran resmi RedDoor, berikut 5 makanan khas dari lima daerah di Indonesia yang wajib kamu cicipi tahun ini.

1. Pindang Gombyang Ikan Manyung gurih asal Indramayu, Jawa Barat

Saat mendengar Indramayu, pasti tidak jarang dari kalian memikirkan buah Mangga yang khas dari daerah tersebut. Walau lebih dikenal sebagai daerah penghasil mangga, Indramayu juga memiliki hidangan khas yang wajib kamu coba, lho!

Saat berkunjung ke Indramayu, kamu wajib mencicipi Pindang Gombyang, kuliner dengan bahan utama kepala ikan manyung yang kemudian dimasak menggunakan bumbu kuning. Rasa asam manis dan gurih dari kuah Pindang Gombyang, serta kelembutan tekstur daging kepala ikan manyung menjadi rasa yang akan dirindukan para wisatawan ketika berkunjung.

Pindang Gombyang Ikan Manyung (Sumber: Infopublik.id)

Masakan khas satu ini lebih cocok disantap saat masih hangat agar cita rasa dalam pindang gombyang terasa lebih enak, apalagi sembari menikmati pemandangan di pesisir pantai. Saat mengunjungi Indramayu untuk mencicipi hidangan lezat ini.

2. Cakalang Fufu dengan aroma khas asal Tomohon, Sulawesi Utara

Kota yang dikelilingi tujuh gunung, tujuh air terjun serta tujuh danau ini, selain dikelilingi pemandangan yang indah juga memiliki hidangan khas yang unik. Salah satunya adalah Cakalang Fufu, yang memanfaatkan ikan cakalang sebagai bahan utama yang dimasak di atas asap sehingga berubah warna menjadi sedikit kehitaman.

Jangan takut dengan bentuknya, saat dicampur dengan bumbu serta sambal dabu-dabu yang segar, hidangan cakalang fufu memberikan rasa sedap yang khas saat disantap!

Cakalang Fufu (Sumber: bisnisukm.com)

Dengan Cakalang Fufu yang dikeringkan saat diasap, ikan ini dapat dikonsumsi dalam waktu yang lebih lama yang membuatnya cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti cakalang fufu sambal roa suwir maupun mie kuah.

3. Tempoyak Ikan Patin yang unik asal kota Jambi, Provinsi Jambi

Apa kamu familiar dengan kata tempoyak? Ya! Tempoyak adalah hasil fermentasi dari buah durian. Provinsi Jambi yang terkenal daerah penghasil buah durian, salah satu hidangan khas mereka mengandung buah tersebut, lho!

Ikan patin diolah dengan tempoyak dengan cara difermentasi selama tiga hari, lalu dicampur rempah-rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang putih dan bawang merah. Cita rasanya segar dan nikmat, perpaduan antara rasa pedas, manis dan asam menyatu dan tentunya menggugah selera.

Tempoyak Ikan Patin (Sumber: belanga.id)

Jangan sampai kamu melewatkan santapan lezat ini saat berkunjung ke Jambi. 

4. Kepiting Kenari yang manis dan segar asal Balikpapan, Kalimantan Timur

Balikpapan memiliki wisata kuliner melimpah yang wajib kamu coba, dan terkenal dengan olahan seafood-nya. Berkunjung ke Balikpapan belum lengkap jika belum mencicipi olahan kepiting, salah satunya adalah kepiting kenari.

Kepiting kenari ini adalah jenis kepiting laut yang mengkonsumsi buah kelapa segar yang konon membuat daging kepiting kenari lebih manis dan enak. Olahan kepiting kenari ini sendiri bisa berupa kepiting rebus, lada hitam, saus padang, saus tiram dan lain sebagainya.

Kepiting Kenari (Sumber: intiwhiz.com)

Selain dimakan di tempat, kepiting ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, lho.

5. Itik Gambut yang pedas nan manis asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Ketika mengunjungi Banjarmasin, banyak yang ingin mencicipi Soto Banjar. Namun, ada hidangan khas Banjarmasin yang tidak kalah enaknya, yaitu Itik Gambut.

Hidangan ini cocok untuk kamu yang gemar makan makanan dengan cita rasa gurih. Olahan nasi dan itik yang dimasak dengan berbagai bumbu khas Banjar memiliki cita rasa pedas nan manis yang menyerap hingga ke dalam daging itik.

Itik Gambut (Sumber: Kulinear.hops.id)

Selain itu, makanan ini umumnya disajikan dalam bungkusan daun pisang. Alhasil, aroma sedap dari masakan ini akan semakin bertambah.

Dengan Indonesia yang kaya akan keanekaragaman, RedDoorz ingin mengajak para wisatawan untuk mencicipi hidangan khas Indonesia yang berbeda di setiap daerahnya. “Kami mengajak para wisatawan untuk menelusuri negeri ini lebih jauh, dan menemukan banyak makanan khas Indonesia lainnya, terlebih memasuki era pasca-pandemi tahun ini yang membuka semua pintu kesempatan. RedDoorz hadir untuk memenuhi kebutuhan bepergian masyarakat, sebagai tempat singgah di daerah tujuan mereka,” ungkap  Cut Nany, Head of Integrated Communication RedDoorz Indonesia.

Rekomendasi