Gantikan Adhyaksa Dault, Budi Waseso Jadi Ketua Pramuka

Tim Editor

Jokowi Melantik Budi waseso jadi ketua Pramuka (Foto setkab)

Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komisaris Jenderal (Purn) Budi Waseso sebagai ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk periode 2018-2023. Pelantikan pengurus Kwarnas Pramuka ini menandai pergantian dari pengurus lama masa bakti 2013-2018 yang dipimpin Adhyaksa Dault. 

Seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Jokowi terlebih dulu meminta para pengurus Kwartir Pramuka yang baru untuk membacakan Tri Satya Pramuka atau Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. 

"Tri Satya, Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan YME dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat, serta menepati Dasa Dharma," ujar Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (27/12).

Setelah membacakan Tri Satya Pramuka, Jokowi secara resmi melantik Buwas dan pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka lainnya yang berjumlah 86 orang. 

"Saya lantik saudara-saudara sebagai ketua dan anggota pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023," kata Jokowi, selaku ketua majelis pembimbing nasional Gerakan Pramuka.
 

Adapun kegiatan pertama yang akan dilakukan oleh Buwas setelah menjadi ketua Kwarnas Gerakan Pramuka adalah mendirikan dapur umum di pesisir Banten dan Lampung serta lokasi terdampak tsunami Selat Sunda.

"Sudah dibangun oleh TNI, Polri, dari pemda setempat, kita bekerja sama dengan Pramuka dan Bulog suplai bahan bakunya. Ada Kwarda Banten dan Kwarda Lampung sudah bergerak, saya kan setiap hari dapat laporan dari jajaran Pramuka yang bekerja," kata Buwas kepada wartawan.

Tag: budi waseso

Bagikan: