Kubu Jokowi Sebut Kubu Prabowo Ketakutan soal Isu HAM

Tim Editor

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding. (Tasha/era.id)

Jakarta, era.id - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menyebut jika kubu Prabowo Subianto terlihat ketakutan. Ketakutan ini tampak karena adanya pernyataan bakal diangkatnya isu HAM masa lalu dalam debat pilpres perdana pada 17 Januari 2019.

"Itu pernyataan bentuk ketakutan kalau isu masa lalu dibuka," ujar Karding melalui pesan singkat, Jumat (28/12/2018).

Politikus PKB itu mengatakan, isu pelanggaran HAM itu belum akan diangkat dalam debat. Sebab, berdasarkan mekanisme debat belum tentu bakal muncul. Karena materi dalam debat sudah dibuat oleh tim pakar.

"Isu itu bisa muncul kalau pertanyaan yg dibuat tim pakar itu muncul. Kedua moderator mendorong untuk mengarah ke sana," ujar Karding.


Infografis (era.id)

Meski begitu, anggota DPR RI Komisi III ini juga mendukung jika rekam jejak paslon dibuka ke publik. Apalagi, masyarakat harus tahu calon pemimpin yang akan mereka pilih.

"Bagi saya sebagai orang yang berbasis aktivis memilih pemimpin track record jejak rekam lebih penting daripada sekadar program. Karena itu menunjukkan watak dan cara kepemimpinan dan itu akan memberi pengaruh yang besar bagi kepemimpinan dan rakyat Indonesia ke depan," sebutnya.

Supaya kalian tahu, Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso menyebut isu kasus penculikan aktivis prodemokrasi yang diduga dilakukan mantan Danjen Kopassus Prabowo akan kembali dipakai untuk menyerang. Meski begitu, Djoko mengaku tidak akan khawatir karena isu demikian sudah kadaluarsa.

"Jadi itu pasti akan keluar (isu HAM), sudah pastilah. Cuma kalau sekarang melanggar HAM, itu lebih berat. Itu tuduhan ke Prabowo saat zaman peralihan. Sekarang ini sudah zaman normal, bahaya kalau ada tuduhan melanggar HAM," ucap Djoko Santoso.

Agar kamu paham, debat pertama calon presiden dan wakil presiden akan digelar pada 17 Januari 2019 dengan tema Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. Debat pertama disiarkan oleh TVRI, RRI, Kompas TV dan RTV dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta.

Tag: jokowi-maruf amin prabowo-sandiaga

Bagikan: