Safari Politik Lima Titik Ma'ruf Amin di Bogor

| 05 Jan 2019 10:09
Safari Politik Lima Titik Ma'ruf Amin di Bogor
Ma'ruf Amin (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin melakukan silaturahmi ke sejumlah pondok pesantren dan tim kampanye daerah (TKD) di Kota Bogor Jawa Barat. Rencananya, ada lima lokasi yang akan dikunjungi oleh Mustasyar PBNU tersebut.

"Saya terus melanjutkan silaturahim dan sekarang tentu lebih banyak ke Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Hari ini saya akan menyasar ke Bogor, ada beberapa tempat sampai malam," kata Ma'ruf kepada wartawan di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019).

Menurut mantan Rais Aam PBNU itu, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka konsolidasi untuk kemenangan di Pilpres 2019.

Sebelum berangkat, Ma'ruf memaparkan tujuannya di kota hujan tersebut. Kata dia, tujuan pertama adalah ke Khalifah Empang Habib Abdullah Al Athos, sekaligus ziarah ke Makam keramat. Selanjutnya ke Ponpes Al Ghazaly menemui KH M.Mustofa dan ziarah ke makam Mama KH. Abdullah bin Nuh.

Tujuan berikutnya adalah ke Ponpes Al Falaq, dilanjutkan ziarah ke makam Mama TB. Falaq bin Abbas. Tak hanya bersilaturahmi ke pesantren dan berziarah, Ma'ruf akan melanjutkan perjalanan ke Rumah Kerja Relawan. Sementara, malam harinya, Ma'ruf direncanakan akan menuju ke Ponpes Roudhotul Hikam dan mengikuti Manaqib Kubro dan Haul Tuan Syeikh Abdul Qodir Jaelani.

"Padat acaranya sampai malam kita. Insya Allah kuat," kata Kiai Ma'ruf sebelum berangkat.

Bagi pasangan Jokowi di Pilpres 2019 ini, Jawa Barat, khususnya Bogor, jadi wilayah yang penting untuk dikunjungi. Apalagi, di pilpres 2014 yang lalu, Jokowi kalah di wilayah tersebut. Sehingga, kunjungan ini diharapkan dapat membalikkan keadaan.

"Sekarang harus menang. Makanya sangat kita prioritaskan," ungkapnya.

Tak hanya Bogor, Ma'ruf juga mengaku telah membuat jadwal silaturahmi ke berbagai kota di Indonesia. Rencananya, setelah dari Bogor, ia akan mengunjungi beberapa daerah seperti Jakarta Utara, Tangerang, Sumatera Selatan, Sumedang, Ponorogo, dan Kalimantan Selatan.

Rekomendasi