Ma'ruf: Jika Tak Pilih Keturunan Jabar, Innalillahi

| 25 Feb 2019 15:40
Ma'ruf: Jika Tak Pilih Keturunan Jabar, <i>Innalillahi</i>
Cawapres KH Ma'ruf Amin. (Foto: Istimewa)
Cirebon, era.id - Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin melakukan safari politik ke lima daerah di Jawa Barat. Daerah tersebut di antaranya Cirebon, Banjar, Pangandaran, Kuningan, dan Ciamis.

Di Cirebon, Ma'ruf mengaku kepada masyarakat kalau dirinya merupakan keturunan Jawa Barat. Ia lalu mengajak masyarakat Jawa Barat untuk memilihnya bersama calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 17 April 2019 mendatang. 

"Kalau ada orang Cirebon, orang Jabar, tidak milih calonnya yang turunan Cirebon dan Jawa Barat, innalillahi wainna illahi rojiun, kelewatan. Pokoknya kalau sampai tidak milih, kelewatan," ujar Kiai Maruf dalam sambutannya di Ponpes Babakan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (25/12/2019)

Pria yang lahir di Tangerang tahun 1943 ini menyebut dia adalah keturunan Jabar kedua yang menjadi calon wakil presiden. Sebelumnya, ada wapres keturunan Sunda yaitu Umar Wirahadikusumah.

"Kalau dulu jadi wapres adalah Jawa Barat yang jenderal, sekarang yang menjadi cawapres yang Jawa Barat adalah kiai," kata Ma'ruf.

Lebih lanjut, Ma'ruf menyebutkan dirinya dipilih sebagai cawapres karena mewakili kelompok Islam. Terlebih, dirinya merupakan Rais Aam PBNU. Pemilihan dirinya sebagai cawapres pun sudah dipertimbangkan matang oleh Jokowi.

"Pak Jokowi bisa saja milih bukan ulama, tentara bisa, profesional bisa, politisi bisa, pengusaha bisa. Tapi beliau tidak milih mereka, tapi milih saya, alhamdulilllah," imbuhnya.

Rekomendasi