Mari Kita Berharap Banyak pada LTMPT

| 07 Jan 2019 18:10
Mari Kita Berharap Banyak pada LTMPT
Foto Menristekdikti Mohamad Nasir via laman resmi Ristekdikti
Semarang, era.id - Halo adek-adek mahasiswa, ada yang tahu tentang Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)? Inilah terobosan dari Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MPRTNI) sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi negeri yang fokus mengembangkan instrumen tes masuk perguruan tinggi.

Lembaga ini baru saja resmi diluncurkan Menristekdikti Mohamad Nasir di Gedung Profesor Soedarto, Universitas Diponegoro, Semarang, Jumat (4/1) lalu. Jadi, LTMPT akan memikirkan sistem baru yang bakal bisa menjaring calon-calon mahasiswa terbaik.

"Hal ini merupakan terobosan yang luar biasa yang telah dilakukan MRPTNI setelah melalui berbagai kajian. Memang ujian masuk perguruan tinggi dari waktu ke waktu mengalami perubahan, namun sejatinya tidak ada perubahan di dalamnya. Kami berharap dengan sistem ini seluruh siswa SMA/SMK/MAN di Indonesia dapat memiliki kesempatan yang sama masuk perguruan tinggi terbaik, tidak melulu siswa dari sekolah dengan fasilitas yang baik dan lengkap," jelas Nasir.

Lalu, apa tujuan dari LTMPT ini? Yang pertama, lembaga ini bakal melaksanakan tes yang kredibel, adil, dan akuntabel.  LTMPT juga akan membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN melalui jalur SBMPTN.

"Model dan proses seleksi yang dikembangkan LTMPT mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital," kata Ketua MRPTNI, Kadarsyah Suryadi.

LTMPT akan bertugas mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh rektor PTN. Lembaga ini juga yang akan melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan menyampaikan hasilnya kepada peserta dan PTN tujuan.

Ketua LTMPT yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret, Ravik Karsidi bilang, dengan diresmikannya LTMPT oleh Menristekdikti maka otomatis website LTMPT sudah bisa diakses masyarakat luas untuk memperoleh informasi lengkap mengenai kerangka waktu pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2019.

"Dengan dipencetnya tombol tadi oleh Menristekdikti, maka website kami sudah bisa diakses masyarakat luas. Sudah bisa dilihat timeline dan tanggal-tanggal penting pelaksanaan SM-PTN 2019," katanya.

Buat siswa dan sekolah, diminta memperhatikan waktu pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2019. Pengisian dan Verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 4-25 Januari 2019; Pendaftaran SNMPTN 4-14 Februari 2019; dan pengumuman hasil SNMPTN 23 Maret 2019.

Bagi yang akan mendaftar SBMPTN 2019 maka tes masuk melalui UTBK dengan jadwal : Pendaftaran 1 Maret – 1 April 2019; Pelaksanaan Tes 13 April – 26 Mei 2019; Pengumuman Hasil UTBK 23 April-2 Juni 2019. Pelaksanaan tes dilakukan pada Sabtu dan Minggu dengan sesi tes terdiri dari sesi pagi dan sesi siang. Adapun, kerangka waktu pelaksanaan SBMPTN 2019 dijadwalkan; Pendaftaran pada tanggal 10-24 Juni 2019; dan Pengumuman Hasil SBMPTN pada 9 Juli 2019.

 

Rekomendasi