Persiapan Debat, Mentor Jokowi-Ma'ruf Amin adalah Rakyat

| 08 Jan 2019 14:23
Persiapan Debat, Mentor Jokowi-Ma'ruf Amin adalah Rakyat
Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto. (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin tidak memberikan mentor khusus untuk membantu Jokowi-Ma'ruf menghadapi sesi debat kandidat yang akan diadakan 17 Januari 2019.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto bilang, pasangan nomor urut 01 itu hanya menggunakan mentor langsung dari rakyat.

"Jadi kepemimpinan itu otentik, genuine, dan kepemimpinan itu berkarakter," kata Hasto di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).

Sekjen PDI Perjuangan itu tak mempermasalahkan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dimentori oleh Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono. Dia pun menantikan performa Prabowo-Sandi dalam acara debat itu. 

"Mungkin nanti rakyat akan melihat apakah Pak SBY akan reborn dalam Prabowo-Sandi atau tidak. Kita lihat saja. Apakah prabowo akan menampilkan dirinya sebagai capres dan (Sandi) cawapres atau nanti menampilkan seperti mentor-mentornya," jelas Hasto.

Hasto juga belum melihat urgensi terkait pemilihan ketua umum partai koalisi untuk menjadi mentor debat bagi pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Sebab, menurut Hasto, Jokowi dan Ma'ruf Amin telah berada di tengah masyarakat. Sehingga, keduanya dinilai tahu betul kebutuhan masyarakat dan tak akan kesulitan saat menjawab pertanyaan dalam debat kandidat meski tanpa kertas hapalan maupun penulisan. 

"Jadi bukan sebuah persoalan dalam seluruh perjalanan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin," kata Hasto.

Rekomendasi