Penggunaan Telepromter untuk Pembatas Waktu Pidato Prabowo

| 15 Jan 2019 14:21
Penggunaan Telepromter untuk Pembatas Waktu Pidato Prabowo
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat pidato kebangsaan Indonesia Menang di JCC, Senayan (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Pidato calon presiden nomor 02 Prabowo Subianto dipermasalahkan. Sebabnya, banyak yang bilang Prabowo begitu keren berpidato tanpa teks. Padahal, pidatonya itu dipandu menggunakan teleprompter.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade membenarkan penggunaan teleprompter saat Prabowo berpidato dengan tema Indonesia Menang. 

Andre menegaskan, penggunaan alat bantu ini bukan karena Prabowo membutuhkan teks dalam berpidato. Katanya, alat ini digunakan hanya untuk memberikan patokan waktu lantaran acara tersebut disiaran secara langsung oleh stasiun televisi.

"Pak Prabowo menggunakan telepromter memang iya (benar). Telepromer itu kita kasih untuk membatasi waktu beliau berpidato, (agar) jangan terlalu lama karena ada siaran langsung televisi. Ternyata Pak Prabowo banyak mengeluarkan improvisasi-improvisasi dalam pidato beliau yang tidak ada dalam teks," kata Andre saat dihubungi era.id, di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Menurut politikus Partai Gerindra ini, jika Mantan Danjen Kopassus ini membaca teks yang ada pada alat bantu telepromter pidato tersebut akan selesai dalam waktu 40 menit. Tapi, dengan improvisasi Prabowo, pidato ini jadi 1 jam 30 menit.

Membandingkan dengan pidato Jokowi

Andre menilai pun membandingkan pidato Prabowo dengan lawannya di Pemilu 2019 ini, Joko Widodo. Menurut dia, Prabowo tidak perlu teks saat berpidato, berbeda dengan Jokowi yang selalu terpaku pada teks. 

"Pak Prabowo sebenarnya tidak butuh teks. Beliau kita kasih teks supaya tidak terlalu lama berpidato. Makanya kita kasih beliau telepromter itu untuk membatasi waktu beliau berpidato bukan karena beliau butuh teks beda dengan Pak Jokowi beliau butuh teks. Kalau Pak Prabowo enggak butuh teks,” tegasnya.

"Kami di Gerindra itu sudah sering denger pidato Pak Prabowo 5 jam, tanpa teks. Emang Pak Jokowi? Butuh teks. Jangan samain Prabowo dengan Jokowi dong,” sambungnya.

Andre juga menerangkan, pidato kebangsaan Prabowo Subianto yang berlangsung malam tadi, di Jakarta Convention Center (JCC), dipersiapkan hanya dalam waktu dua hari.

"Itu Pak Prabowo dan tim menyiapkan, 2 hari kelar. Karena Pak Prabowo itu sebenarnya pidato, tidak butuh teks selama ini. Ini hanya untuk membatasi jeda waktunya jadi beliau ada patokan waktu," kata Andre.

 

Rekomendasi